Salat Iduladha di Rumah Dinas, Wapres Ma'ruf Amin dan Seluruh Jemaah Pakai Masker
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Dok. Biro Pers Kantor Sekretariat Wapres)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan salat Iduladha 1442 H di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Juli.

Mengingat berlangsung di tengah pandemi COVID-19, pelaksanaan salat Id dilakukan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Ma'ruf tampak mengenakan baju koko berwarna biru dan sarung, serta mengenakan masker menjadi imam salat. Sementara, Direktur Utama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) MUI, Aminudin Yakub bertindak sebagai khatib.

Pelaksanaan salat ini juga dilakukan bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin beserta perangkat Paspampres terbatas. Jemaah yang mengikuti salat tampak berjarak, serta terlihat mengenakan masker.

"Kepada seluruh umat Islam di Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha 1442 H yang tahun ini masih kita rayakan dalam suasana keprihatinan karena pandemi COVID-19 belum berakhir. Hari Raya Iduladha identik dengan pengorbanan dan keikhlasan," kata Wapres dikutip dari Antara.

Wapres mengatakan bahwa dalam Al Quran telah disebutkan agar umat Islam melaksanakan kurban dalam bentuk hewan ternak, seperti sapi, kambing atau unta.

"Bahkan, Nabi Muhammad mengatakan barang siapa mempunyai kelebihan pada saat Iduladha tetapi tidak menyembelih, maka jangan mendekati tempat salat kami," tambah Wapres.

Sebelumnya Ma'ruf telah mengimbau umat Islam khususnya yang berada dalam wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah masing-masing guna menghindari terjadinya klaster dan peningkatan jumlah kasus.

"Kita ajak masyarakat untuk mematuhi, mengikuti ajakan pemerintah, termasuk juga saya minta nanti sesuai dengan ketentuan, jangan melakukan kerumunan termasuk salah satunya yaitu melakukan salat Iduladha baik di masjid maupun di luar masjid, sampai keadaan nanti sudah memungkinkan lagi," ucap Ma'ruf menghadiri acara Pertemuan Virtual dengan Para Ulama dan Tokoh Agama Islam di Istana Wapres, Senin, 12 Juli.