DKI Jakarta Pusatkan Salat Iduladha di JIS
Arsip Foto - Ribuan umat Islam melaksanakan salat Idulfitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Senin (2/5/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memusatkan salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu, 10 Juli. Warga yang berniat menghadiri diimbau agar mematuhi tata tertib, menaati protokol kesehatan serta telah vaksinasi dosis ketiga.

Warga atau jemaah salat Iduladha juga diimbau tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) demi kenyamanan bersama," kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Balai Kota Jakarta, dilansir ANTARA Rabu, 6 Juli.

Jemaah juga diimbau membawa perlengkapan salat dari rumahnya. "Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Iduladha secara khusyuk serta tidak berkerumun selepas kegiatan," katanya.

Sigit mengatakan, pelaksanaan salat Iduladha ini telah dikoordinasikan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta lembaga-lembaga Islam lainnya. Pada prinsipnya lembaga-lembaga menyatakan, pelaksanaan salat Iduladha di JIS telah sesuai dengan aturan (kaifiat) salat Iduladha.

Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat shalat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berbagai infrastruktur untuk mendukung salat Iduladha di JIS juga sudah disiapkan seperti tempat wudu, tempat parkir dan toilet. Namun, meski telah disediakan tempat wudu, disarankan wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan agar pelaksanaan shalat dapat dimulai tepat waktu. 

Segala sesuatu keperluan saat salat Iduladha sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Iduladha dapat berjalan sukses.

"Karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung dan lengkapi vaksinasi 'booster'-nya. Semoga salat Idul Adha nanti dapat mendukung #LebaranAman&Sehat di Jakarta," kata Sigit.

Pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, "concourse" Utara dan Selatan JIS. Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat Iduladha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan.

Selain itu, direncanakan yang menjadi Khatib adalah KH Syukron Mam'un serta Imam salat Iduladha adalah KH Muhammad Ali.

"Kenyamanan dan keamanan jemaah adalah hal yang utama bagi kami agar pelaksanaan Hari Raya Kurban di Jakarta ini dapat membuat #KurbanSemakinIstimewa," kata Sigit.

Pelaksanaan salat Id pada Idul adha ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan di JIS setelah sebelumnya diselenggarakan salat Idulfitri pada awal Mei lalu.