Masih Pandemi COVID-19 dan PPKM Darurat, Wapres Ma'ruf Amin Tunaikan Salat Iduladha di Kediaman Resmi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin Salat Iduladha di kediaman resmi wapres Jakarta, Selasa 20 Juli. (Asdep KIP Setwapres)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menuaikan ibadah salat Iduladha di kediaman resmi Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 20  Juli, bersama istri tercinta Wury Ma’ruf Amin dan perangkat terbatas Pasukan Pengamanan Presiden dan Wapres (Paspampres).

Wapres Ma'ruf bertindak sebagai imam dalam salat Iduladha tersebut dan khatib dilakukan oleh Direktur Utama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Aminudin Yakub.

Pelaksanaan salat Iduladha secara terbatas di kediaman resmi Wapres tersebut dilakukan Ma’ruf Amin untuk meminimalkan penyebaran kasus pandemi COVID-19 pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Hal itu sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1422 H di Wilayah PPKM Darurat.

Wapres Ma'ruf Amin menunaikan salat Iduladha bersama keluarga di kediaman resmi. (Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin menunaikan salat Iduladha bersama keluarga di kediaman resmi. (Setwapres/Antara)

 

Wapres mengajak seluruh umat Islam untuk mengikuti imbauan pemerintah dalam melaksanakan rangkaian kegiatan peribadatan Iduladha di rumah masing-masing.

"Saya minta nanti sesuai dengan ketentuan (SE Menag) jangan melakukan kerumunan termasuk salah satunya melakukan Salat Iduladha, baik di masjid maupun di luar masjid, sampai nanti keadaan sudah memungkinkan lagi," kata Wapres di Jakarta, Selasa 20 Juli seperti dilansir Antara.

Wapres menegaskan kebijakan PPKM darurat dan SE Menag tersebut tidak bertujuan untuk menghalangi umat Islam dalam beribadah di masjid melainkan untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari penularan COVID-19.

"Untuk Iduladha kali ini, kita tetap melaksanakan ibadah tetapi memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga jiwa manusia; oleh karena itu supaya dilakukan di rumah saja, takbir di rumah saja," ujar Wapres Ma’ruf Amin.