Heboh Ustaz Abdul Somad Meninggal Dunia, PA 212 Ikut Berduka, Cek Faktanya!
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kanal YouTube @PILAR ISTANA mengunggah informasi heboh soal kematian ustaz kondang Abdul Somad. Dalam thumbnail, akun ini menulis 'VIRAL TERBARU HARI INI ~ KENA AZAB AKHIRNYA UAS BERPULANG SAAT INI?.' Video yang diunggah pada 12 Juli lalu tersebut telah ditonton sebanyak 495.050 kali.

Pada sampul video, akun @PILAR ISTANA juga menampilkan beberapa wajah ustaz yang aktif di PA 212 dan menyebutkan ikut berdukacita atas kepulangan Abdul Somad.  

turnbackhoaks

Benarkah informasi ini?  

Setelah ditonton, sebagaimana dikutip dari turnbackhoaks, Senin, 19 Juli, rupanya narasi dalam video bertolak belakang dari thumbnail. Video tersebut tidak berisi berita bahwa Ustaz Abdul Somad meninggal dunia, melainkan menceritakan pengalamannya ketika terpapar virus COVID beberapa waktu yang lalu. 

Lagipula, dalam akun media sosial ustadzabdulsomad_official, Ustaz Abdul Somad masih rutin mengunggah beberapa foto dan video. 

Caption

"Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh kanal YouTube “PILAR ISTANA” tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan (Misleading Content)," demikian turnbackhoaks.