Cek Fakta: Hoaks Narasi Video Ribuan Jemaah Tanpa Masker Sambut Ustaz Abdul Somad saat Pandemi COVID-19
ILUSTRASI/ Pixabay

Bagikan:

JAKARTA - Lewat kanal Hoax Buster Satgas COVID-19 ikut serta menginformasikan video dengan narasi salah soal jemaah tanpa masker sambut ustaz Abdul Somad di tengah pandemi COVID-19. Padahal, video itu direkam pada Maret 2019 atau sebelum COVID-19 melanda Indonesia.

“Faktanya, video direkam pada 8 Maret 2019 atau dengan kata lain sebelum pandemi Covid-19. Momen tersebut merupakan jamaah yang tengah menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad (UAS) saat akan mengisi acara tablig akbar di Dayah Serambi Aceh,” demikian penjelasan yang dikutip dari laman covid19.go.id, Minggu, 3 Januari.

Dalam penjelasan yang mulanya diposting turnbackhoax, dijabarkan akun Facebook FfyamEnjoy membagikan ulang sebuah video yang sebelumnya diunggah oleh akun Dunia santri aswaja. 

Dalam video tersebut terlihat ribuan jamaah tanpa mengenakan masker tengah menyambut kedatangan Ustadz Abdul Somad (UAS). Tidak seperti akun Dunia santri aswaja yang memberikan keterangan “Siaran ulang Ustat Abdul somad”, akun FfyamEnjoy justru memberi keterangan “YA ALLLAH INI KAN BAHAYA ADA VIRUS COVIT 19 KENAPA DIBIARKAN BAHAYA”.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui keterangan yang diberikan akun FfyamEnjoy adalah hoaks. Faktanya, video tersebut merupakan momen UAS menghadiri tablig akbar di Dayah Serambi Aceh, Kawasan Desa Meunasah Rayeuk pada 8 Maret 2019 lalu, yang dengan kata lain sebelum terjadinya pandemi COVID-19. 

Fakta tersebut berdasar pada video yang diunggah oleh akun Youtube FADHILLAH STUDIO berjudul “USTADZ ABDUL SOMAD DI SERAMBI ACEH 2019,+ RIBUAN JAMAAH_FULHD” yang diunggah pada 9 Maret 2019.

Pada awal video tepatnya detik ketujuh, akun Youtube FADHILLAH STUDIO turut memberikan keterangan sebagai berikut:

“Tablig Akbar Bersama Ust. H. Abdul Somad, Lc, Ma Di Dayah Serambi Aceh Meulaboh, Aceh Barat 8 Maret 2019” tulis akun FADHILLAH STUDIO di awal video.