Gubsu Edy Targetkan 4.500 Orang Tes PCR Setiap Hari di Sumut
ILUSTRASI/ DOK IST

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan tes usap PCR minimal 4.500 orang setiap hari untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Sesuai standar WHO, swab PCR di Sumut minimal 2.500 orang per hari," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar di Medan, Sumut dikutip Antara, Kamis, 15 Juli.

Namun, menurut dia, melihat kondisi saat ini, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menargetkan swab PCR minimal 4.500 warga per hari.

Peningkatan jumlah pemeriksaan itu untuk mengetahui lebih cepat jumlah warga yang terkonfirmasi COVID-19 sehingga penanganannya bisa juga lebih cepat.

Masyarakat, ujar Irman, bisa memanfaatkan laboratorium milik pemerintah yang gratis.

Selain mendorong pemeriksaan, katanya, Gubernur Edy berupaya memperbanyak vaksinasi COVID-19 dan meminta kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Tim sedang mengkaji apa penyebab peningkatan yang cukup besar terkonfirmasi COVID-19 sesuai data yang dikeluarkan Kemenkes dan Satgas COVID-19 nasional," katanya.