Pemerintah Jepang Prediksi Tenaga Surya lebih Murah dari Nuklir Tahun 2030
Ilustrasi panel tenaga surya di Aikawa, Jepang. (Wikimedia Commons/Σ64)

Bagikan:

JAKARTA - Tenaga surya akan mengambil alih tenaga nuklir sebagai sumber energi termurah untuk Jepang pada tahun 2030, karena biaya keselamatan yang membengkak setelah bencana nuklir Fukushima 2011, menurut perkiraan pemerintah untuk pertama kalinya Senin 12 Juli. 

Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) pada pertemuan panel ahli memperkirakan, biaya pembangkit listrik tenaga nuklir akan naik sekitar 10 persen dari perkiraan sebelumnya pada tahun 2015, sementara biaya tenaga surya akan turun karena menjadi lebih luas karena upaya dekarbonisasi.

METI secara tradisional menekankan biaya rendah pembangkit listrik sebagai keuntungan dari tenaga nuklir. Tetapi, pemerintah bertujuan untuk menjadikan energi terbarukan sebagai sumber energi utama. 

Melansir Kyodo News, Negeri Matahari Terbut menargetkan untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050, tujuan yang akan tercermin dalam rencana energi dasar akan direvisi musim panas ini.

Perkiraan biaya pembangkit listrik tenaga nuklir, yang mencapai setidaknya 10,3 yen per kilowatt pada tahun 2015, kini telah meningkat lebih dari 1 yen menjadi setidaknya 11,5 yen, karena penerapan langkah-langkah yang diperlukan di bawah aturan keselamatan nuklir baru negara itu.

Sebaliknya, biaya energi surya untuk penggunaan komersial diperkirakan turun dari kisaran 12,7-15,6 yen seperti yang diperkirakan pada tahun 2015 menjadi kisaran 8-11,5 yen. Sedangkan energi surya untuk penggunaan perumahan diperkirakan turun dari kisaran 12,5-16,4 yen ke kisaran 9,5-14,5 yen, karena harga panel dan peralatan terkait turun di tengah peningkatan adopsi.

Perkiraan minimum untuk tenaga angin darat dan pembangkit listrik berbahan bakar LNG juga lebih rendah daripada tenaga nuklir. Tenaga angin darat diperkirakan menelan biaya setidaknya 9,5 yen, turun dari perkiraan sebelumnya 13,6 yen. Sedangkan pembangkit listrik berbahan bakar gas, yang emisi karbonnya sekitar setengah dari pembangkit listrik tenaga batu bara, diperkirakan turun dari 13,4 yen. yen menjadi 10,5 yen.

Sementara itu, tenaga batu bara diperkirakan naik dari 12,9 yen ke kisaran 13,5-22,5 yen, karena biaya tindakan untuk mengekang emisi karbon dioksida meningkat.

Estimasi didasarkan pada asumsi bahwa fasilitas pembangkit listrik akan dibangun dan dioperasikan di atas lahan kosong, tidak termasuk biaya perolehan lahan itu sendiri.

"Angka dapat berubah tergantung pada seberapa banyak energi terbarukan telah diperkenalkan di masa depan, harga bahan bakar, dan tingkat pemanfaatan fasilitas," menurut METI.