Apresiasi Penanganan Pandemi COVID-19, Ratu Elizabeth II Anugerahkan George Cross untuk NHS
Ratu Elizabeth II. (Wikimedia Commons/Chairman of the Joint Chiefs of Staff)

Bagikan:

JAKARTA - Ratu Elizabeth II menganugerahkan George Cross atau Salib George, penghargaan tertinggi kedua dari Kerajaan Inggris, kepada Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) sebagai pengakuan atas 73 tahun layanan khusus, termasuk selama pandemi COVID-19.

Penghargaan yang diberikan atas tindak kepahlawanan atay keberanian selama dalam keadaan bahaya ekstrem ini, hanya diberikan secara kolektif dua kali sebelumnya, dan hanya sekali oleh Ratu Inggris. 

Mengutip The Guardian, Senin 5 Juli Dalam pesan pribadi yang ditulis tangan, Ratu Elizabeth II menuliskan: “Dengan senang hati, atas nama bangsa yang berterima kasih, saya memberikan George Cross kepada Layanan Kesehatan Nasional Inggris.

"Penghargaan ini mengakui semua staf NHS, dulu dan sekarang, di semua disiplin ilmu dan keempat negara. Selama lebih dari tujuh dekade, dan terutama belakangan ini, Anda telah mendukung orang-orang di negara kita dengan keberanian, kasih sayang, dan dedikasi, menunjukkan standar layanan publik tertinggi. Anda mendapatkan terima kasih abadi dan penghargaan tulus kami. Elizabeth R," tulis Ratu Elizabeth II

NHS
Ilustrasi NHS Inggris. (Wikimedia Commons/DFID - UK Department for International Development)

Sementara itu Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan, penghargaan tersebut merupakan simbol rasa terima kasih bangsa.

"Staf NHS telah merawat kami dan teman serta keluarga kami di garis depan pandemi selama lebih dari setahun, dan saya telah menyaksikan keberanian mereka secara langsung," kata PM Johnson, yang menjalani perawatan intensif oleh NHS saat terinfeksi COVID-19 tahun lalu, mengutip Reuters.

"Saya tahu seluruh Inggris mendukung saya dalam memberikan penghormatan dan berterima kasih atas semua yang telah dilakukan NHS untuk kami, tidak hanya pada tahun lalu, tetapi sejak awal," sambungnya.

NHS didirikan pada tahun 1948 sebagai pusat reformasi sosial setelah Perang Dunia II, dengan misi untuk menyediakan perawatan kesehatan universal komprehensif yang didanai negara.

NHS
Apresiasi terhadap NHS Inggris. (Wikimedia Commons/Kolforn)

Terpisah, Kepala Eksekutif NHS Simon Stevens mengatakan, penghargaan itu mengakui keterampilan, kasih sayang, dan ketabahan staf di seluruh layanan dalam menanggapi pandemi terburuk dalam satu abad.

"Dari masa-masa kelam itu, telah datang yang terbaik dari apa artinya menjadi penjaga dan profesional kesehatan," tuturnya.

"Dalam menghadapi kesulitan, kami telah melihat kerja tim yang luar biasa, tidak hanya di seluruh NHS tetapi melibatkan ratusan ribu sukarelawan, jutaan penjaga, pekerja kunci dan masyarakat Inggris yang telah memainkan peran yang sangat diperlukan dalam membantu layanan kesehatan untuk menjaga ratusan ribu pasien yang sakit parah dengan virus corona," papar Stevens.

Untuk diketahui, Salib George pertama kali diberikan secara kolektif kepada orang-orang Malta pada 15 April tahun 1942 oleh ayah Ratu Elizabeth, Raja George VI. 

Pada tahun 23 November 1999, Ratu Elizabeth II menganugerahkan penghargaan ini  kepada Royal Ulster Constabulary (Kepolisian Irlandia Utara) yang berdiri pada 1922 hingga tahun 2001.