Bertahun-tahun Jadi Misteri, Klub Sepak Bola Favorit Ratu Elizabeth II Terungkap akibat Keseleo Lidah
Ratu Elizabeth II (Instagram @queenelizabethiiuk)

Bagikan:

JAKARTA - Elizabeth II adalah Ratu Inggris Raya dan 15 negara Persemakmuran lainnya - artinya kemungkinan besar dia tidak punya banyak waktu untuk mengikuti hasil-hasil pertandingan sepak bola terbaru.

Jika anggota yang lebih muda dari keluarganya dengan senang hati berbagi detail kesetiaan mereka, seperti Pangeran William dengan Aston Villa-nya, ratu berusia 95 tahun itu tidak pernah merinci klub favoritnya.

Namun, menurut sejumlah laporan pada tahun 2009 dalam percakapan yang diduga dengan staf yang bekerja di Istana Buckingham, Ratu pernah keseleo lidah.

Dan laporan-laporan itu mengklaim bahwa dia telah mengungkapkan cintanya kepada West Ham United.

Meskipun kita mungkin tidak pernah benar-benar tahu di mana letak dukungannya, ada lebih dari satu perdebatan tentang ini di masa lalu, di mana mendiang Pangeran Phillip bahkan menertawakan koneksi Ratu dengan tim yang identik dengan warna merah dan biru.

Ratu Elizabeth II disebut mengungkap cintanya pada The Hammers di depan staf kerajaan setelah dia 'mendengar' percakapan tentang persaingan ikonik klub ini dengan Millwall.

The Mirror mengutip sumber Windsor Castle yang mengatakan: "Ratu tidak pernah ingin orang tahu siapa yang dia dukung karena dia ingin terlihat netral.

"Tapi dia membuka rahasianya setelah mendengar salah satu anggota stafnya mengatakan dia adalah penggemar Millwall dan sedang berbicara dengan anggota staf lain tentang derby antara West Ham dan rival berat mereka.

"Mereka cukup terkejut - lagi pula, dia bukan penggemar khas West Ham."

Namun, wakil ketua West Ham Karren Brady pernah bertanya kepada Pangeran Philip apakah benar Ratu mendukung The Hammers, dan reaksi langsungnya tidak terlalu positif.

Brady mengatakan kepada The Sun setelah kematian Philip awal tahun ini: "Saya mencoba untuk memecahkan ketegangan dengan bertanya kepadanya apakah benar Ratu adalah pendukung West Ham.

"Dia tampak benar-benar bingung dan berkata — sebenarnya berteriak — 'Kenapa kamu berpikir begitu?'"

Sementara itu, pada 2007, para pemain Arsenal diberi tur keliling Istana Buckingham oleh Ratu. Menurut Cesc Fabregas yang saat itu masih disebut 'anak ajaib', Ratu mengatakan dirinya adalah seorang Gooner.

"Sepertinya Ratu mengikuti sepak bola dan dia memberi tahu kami bahwa dia adalah penggemar Arsenal," kata Fabregas kala itu.

"Dia tampaknya benar-benar tahu siapa saya dan kami berbicara beberapa kata spesial."

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan, Ratu, selama masa pemerintahannya, telah menonton sejumlah pertandingan sepak bola dan sering mempersembahkan piala di Final Piala FA.

"Namun, Pangeran William sekarang adalah presiden FA dan dia telah menyerahkan pekerjaan ini kepadanya," kata juru bicara itu.

Dia lantas menegaskan bahwa Ratu akan tetap netral dalam hal memberi dukungan terhadap klub sepak bola Inggris. "Tim mana yang dia dukung bukanlah sesuatu yang akan kita ketahui," pungkas dia.