FSB Rusia Gagalkan Teror ISIS di Moskow dan Astrakhan, Sita Senapan Otomatis hingga Granat
Penangkapan anggota ISIS oleh FSB. (Sumber: Russian Federal Security Service via TASS)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia berhasil mencegah serangan teror oleh kelompok teroris internasional ISIS, yang dinyatakan terlarang di Rusia.

Mengutip TASS Jumat 2 Juli, FSB berhasil menahan anggota ISIS di Moskow, sementara seorang yang melawan saat hendak ditangkap di Astrakhan dilumpuhkan, menurut Pusat Hubungan Masyarakat FSB Kamis 1 Juli. 

"Dinas keamanan federal berhasil menggahalkan persiapan untuk serangan teroris oleh anggota organisasi teroris internasional ISIS, yang dilarang di Rusia," sebut FSB dalam pernyataannya. 

"Atas perintah dari pemimpin organisasi teroris, dua warga Rusia merencanakan serangan simultan terhadap penduduk Moskow dan Wilayah Astrakhan dengan senjata api dan senjata pedang di tempat-tempat ramai," lanjut pernyataan tersebut.

Pada saat upaya penahanan di Wilayah Astrakhan, salah satu angota ISIS melakukan perlawanan dengan melepaskan tembakan, sebut FSB. 

"Pasukan khusus FSB membalas tembakan. Teroris dilumpuhkan. Anggota sel lainnya ditahan di Moskow. Baik personel dinas keamanan maupun warga sipil tidak terluka," terang FSB.

Dinas Keamanan Federal pun melakukan penggeledahan dan penyelidikan di tempat tinggal para anggota ISIS. Senapan otomatis, amunisi, granat tangan F-1 hingga literatur ekstremis berhasil disita FSB. 

Otoritas keamanan Rusia kemudian membuka kasus pidana dengan tuduhan partisipasi dalam aktivitas organisasi teroris.