Bikin Bangkrut, Pramuka AS Selesaikan Kompensasi Rp12,3 Triliun kepada Korban Pelecehan Seksual
Salah satu kamp Pramuka AS yang terletak di Houston. (Wikimedia Commons/WhisperToMe)

Bagikan:

JAKARTA - Boy Scouts of America (BSA) atau Gerakan Pramuka Amerika telah mencapai penyelesaian senilai 850 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp12.376.722.500.000 juta dengan kelompok-kelompok yang mewakili puluhan ribu pria, dengan klaim pelecehan seksual, sebuah langkah besar untuk mengatasi banjir tuduhan yang membuat organisasi tersebut bangkrut.

Dalam pengajuan pada hari Kamis dengan Pengadilan Kepailitan AS di Delaware, Pramuka (BSA) mengatakan penyelesaian dengan Koalisi Pramuka yang Disalahgunakan untuk Keadilan dan dua kelompok lainnya mencakup klaim oleh sekitar 60.000 penyintas pelecehan.

Dikatakan perjanjian itu memberikan kerangka kerja untuk resolusi global klaim penyalahgunaan, dapat memungkinkannya muncul dari perlindungan Bab 11 akhir tahun ini.

"Menyatukan kelompok-kelompok ini menandai tonggak penting, karena BSA bekerja menuju imperatif ganda kami untuk memberikan kompensasi yang adil kepada para penyintas pelecehan dan melestarikan misi kepanduan," kata organisasi nirlaba berusia 111 tahun itu dalam sebuah pernyataan seperti mengutip Reuters Jumat 2 Juli. 

Kelompok-kelompok tersebut secara terpisah menyebut kesepakatan itu sebagai pencapaian signifikan yang mencapai konsensus di antara sebagian besar penuntut, Pramuka dan lebih dari 250 dewan lokal.

Penyelesaian Hari Kamis membutuhkan persetujuan hakim dan bisa menghadapi tentangan dari perusahaan asuransi yang akan siap membayar.

Dalam pengajuan pengadilan, afiliasi dari American International Group Inc., Chubb Ltd, Travelers Cos dan perusahaan asuransi lainnya mengatakan, Pramuka mengecualikan mereka dari negosiasi dan memberi pengacara korban terlalu banyak suara dalam menyusun sebuah pemukiman.

"Dengan hanya rubah yang menjaga kandang ayam, hasilnya benar-benar bertentangan dengan apa yang BSA sendiri nyatakan diperlukan untuk rencana (kebangkrutan) yang dapat dikonfirmasi," terang afiliasi asuransi menggambarkan.

Didirikan pada tahun 1910, Pramuka AS mengajukan Bab 11 atau mengajukan bangkrut pada Februari 2020, setelah menghadapi ratusan tuntutan hukum pelecehan seksual.

Tuntutan hukum ini diajukan setelah beberapa negara bagian AS, termasuk New York, mulai membiarkan orang menuntut atas dugaan pelecehan seksual yang terjadi beberapa dekade sebelumnya.

Pengajuan kebangkrutan mencakup organisasi nasional, bukan dewan lokal. Dan, prosesnya diajukan di Pengadilan Kepailitan AS, Distrik Delaware.