Cara Astronot Bersihkan Diri dari Nitrogen di ISS, Terlihat Seperti Menari
Ilustrasi (Foto: NASA Gov via Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Thomas Pesquet dari ESA dan Shane Kimbrough dari NASA melakukan perjalanan luar angkasa terbaru mereka di International Space Station (ISS) pada Jumat minggu lalu. Namun, ada peristiwa yang menarik sebelum mereka meninggalkan ISS.

Dalam unggahannya di Twitter, Pesquet dan Kimbrough terlihat sedang melakukan tarian sambil mengenakan baju astronot mereka. Tampak Pesquet bercanda menggambarkan sebagai 'tarian spacewalk' sebelum memberikan penjelasan singkat tentang boogie.

"Kami tidak benar-benar menari tapi membersihkan tubuh kami dari nitrogen. Kami menghirup oksigen murni dan perlahan semua nitrogen dalam tubuh kami digantikan oleh oksigen, yang lebih aman saat berpindah dari tekanan tinggi (di ISS) ke tekanan rendah (baju antariksa). Olahraga ringan membuat kita menghirup lebih banyak oksigen dan membuang nitrogen lebih cepat," ungkap Pesquet seperti dikutip dari Digital Trends, Rabu 30 Juni.

Dikatakan NASA pada situs resminya, astronot naik ke pakaian antariksa mereka beberapa jam sebelum perjalanan ruang angkasa dimulai, dengan pakaian yang diberikan mereka tekanan dan diisi dengan oksigen murni.

Pada pakaian antariksa itu, para astronot menghirup oksigen untuk membersihkan tubuh mereka dari nitrogen yang dapat menyebabkan pembentukan gelembung gas di aliran darah dan jaringan tubuh ketika mereka keluar dari stasiun yang mengorbit.

“Gelembung gas ini dapat menyebabkan astronot merasakan sakit di bahu, siku, pergelangan tangan, dan lutut mereka. Rasa sakit ini disebut 'menekuk' karena mempengaruhi tempat tubuh membungkuk. Penyelam scuba juga bisa merasakannya" jelas NASA. 

Cara alternatif bagi astronot untuk mengeluarkan nitrogen adalah dengan menghabiskan waktu di salah satu pintu udara stasiun ruang angkasa, yakni seperti kompartemen yang terletak di antara bagian utama ISS dan ruang angkasa.

Kemudian, tekanan kabin akan dikurangi di airlock, yang dapat memungkinkan astronot dengan aman membersihkan tubuh mereka dari nitrogen sebelum keluar dari ISS.