Bila Masa Jabatan Anies Usai 2022, Pengamat Ini Prediksi Risma Jadi Plt Gubernur DKI
ILUSTRASI/VOI (BALAI KOTA DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Masa Jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada 2022 mendatang. Sedangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dilaksanakan pada 2024.

Artinya, kursi DKI 1 bakal kosong selama kurang lebih 2 tahun. Lantas siapa yang menjadi pelaksana tugas orang nomor satu di DKI? 

Pengamat politik Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute) Muhammad Mualimin memprediksi, calon Plt Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan merupakan orang terdekat Presiden Joko Widodo.

“Saya pikir orangnya Jokowi dan PDIP bakal mengisi kekosongan jabatan kepala daerah yang masa tugasnya habis tahun 2022-2023,” ujar Mualimin, Jumat, 25 Juni.

Menurutnya, ada satu nama yang memiliki potensi cukup besar. Dia memprediksi Menteri Sosial yang juga mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bakal menggantikannya.

“Untuk plt pengganti Anies, saya memprediksi Risma gantikan Anies,” katanya.

Hal itu, sambungnya, sebagai obat bagi kekecewaan Risma lantaran pada 2017 lalu, PDIP lebih milih Basuki Tjahaja Purnama ketimbang Risma untuk maju Pilgub DKI Jakarta.

“Risma pada 2017 sudah bolak balik safari politik ke Jakarta, tapi di tikungan diakhir. PDIP malah mengusung Ahok-Djarot. Risma pernah terluka dalam konstelasi politik di DKI Jakarta,” kata Mualimin.