Ada Pertemuan Joe Biden - Vladimir Putin, Swiss Tutup Wilayah Udaranya
Foto udara kawasan Bandara Internasional Jenewa, Swiss. (Wikimedia Commons/Schutz)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Swiss memutuskan untuk menutup wilayah udaranya bagi semua penerbangan, terkait dengan pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa pada 16 Juni pekan depan.

Dalam pengumumannya Jumat 11 Juni waktu setempat, penutupan dilakukan untuk sebagian wilayah udara selama tiga hari, yakni 15-17 Juni mendatang. Penutupan ini disetujui oleh Dewan Federal Swiss.

"Pada pertemuannya pada 11 Juni 2021, Dewan Federal menyetujui pembatasan sementara penggunaan wilayah udara selama pertemuan puncak antara Presiden Biden dan Presiden Putin dari 15 hingga 17 Juni 2021 di Jenewa," sebut pernyataan itu, melansir TASS Jumat 11 Juni. 

Angkatan Udara Swiss akan memberikan pengawasan udara dan pengawasan wilayah udara yang diperketat, kata pemerintah. Pembatasan diberlakukan mulai pukul 08.00 pada 15 Juni hingga pukul 08.00 pada 17 Juni waktu setempat. 

Adapun wilayah udara yang ditutup meliputi wilayah Jenewa dengan pusat di atas Place des Nations dekat Kantor PBB di Jenewa. Pada saat yang sama, penerbangan komersial dari dan ke Bandara Internasional Jenewa tidak akan terpengaruh oleh pembatasan tersebut."

Pada Hari Jumat, Dewan Federal juga menyetujui pengerahan hingga 1.000 prajurit untuk memberikan dukungan kepada otoritas kewilayahan Jenewa selama KTT. Secara khusus, angkatan bersenjata akan bertanggung jawab untuk melindungi misi asing.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joe Biden dan Presiden Putin akan bertemu di Villa La Grange, Jenewa, Swiss pada 16 Juni mendatang. Sejumlah agenda disebut akan dibicarakan dalam pertemuan yang rencananya akan diikuti oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Sebagai bagian dari antisipasi keamanan, Villa La Grange ditutup untuk pengunjung pada 8-18 Juni. Otoritas regional mengumumkan langkah-langkah keamanan yang diperketat pada 14-17 Juni. Secara khusus, penerbangan kendaraan udara tak berawak (drone) dilarang di Jenewa. Zona keamanan khusus telah dibuat di sekitar tempat KTT, meliputi Parc La Grange dan Parc des Eaux Vives yang berdekatan.