Pangeran Harry dan Meghan Markle Dikarunia Anak Kedua, Diberi Nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor
Pangeran Harry bersama Meghan Markle. (Wikimedia Commons/Northern Ireland Office)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar bahagia datang datang keluarga Kerajaan Inggris, seiring dengan kabar lahirnya anak kedua pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Lahir pada Jumat 4 Juni di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage, California, Amerika Serikat, bayi berjenis kelamin perempuan ini diberi nama Lilibet 'Lili' Diana Mountbatten-Windsor dengan berat sekitar 3,4 kg.  

Pilihan nama tersebut merupakan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II setelah tahun yang sulit bagi pasangan tersebut, dan keluarga Kerajaan Inggris. Lilibet adalah nama panggilan keluarga untuk Ratu Inggris berusia 95 tahun.

Istana Buckingham mengatakan Ratu Elizabeth II, ayah Harry, Pangeran Charles dan saudara laki-laki dan istrinya, Pangeran William dan Kate, senang dengan berita itu. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bergabung dengan mereka dalam mengirimkan ucapan selamatnya. 

"Ratu, Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall, serta Duke dan Duchess of Cambridge telah diberitahu dan sangat senang dengan berita kelahiran seorang putri untuk Duke dan Duchess of Sussex," seperti melansir Reuters Senin 7 Juni.

William dan Kate mengatakan melalui akun Twitter resmi mereka: "Kami semua senang dengan kabar gembira tentang kedatangan bayi Lili. Selamat untuk Harry, Meghan dan Archie."

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan kelahiran putrinya ini dengan sebuah pernyataan.

"Pada 4 Juni, kami diberkati dengan kedatangan putri kami, Lili. Dia lebih dari yang pernah kami bayangkan, dan kami tetap bersyukur atas cinta dan doa yang kami rasakan dari seluruh dunia," sebut mereka dalam sebuah pernyataan. 

"Terima kasih atas kebaikan dan dukungan Anda yang berkelanjutan selama waktu yang sangat istimewa ini untuk keluarga kami," lanjut pernyataan tersebut.

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengatakan nama tengah Diana dipilih untuk menghormati neneknya, Putri Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997.

Baik ibu dan bayinya yang berada di urutan kedelapan pewaris takhta, baik-baik saja dan sudah kembali ke rumah, kata sekretaris pers mereka.

Sifat dari pengumuman itu, hampir dua hari setelah kelahiran, mencerminkan kehidupan baru yang telah dipilih pasangan itu di Amerika Serikat.

Nama-nama yang diberikan kepada bayi itu juga menggemakan nama yang diberikan kepada putri tunggal Pangeran William, kakak laki-laki Harry, yang bernama Charlotte Elizabeth Diana.