Saksi Sidang Korupsi Bansos Cerita Kenal Ihsan Yunus dari Meja Billiar
Pengadilan Tipikor (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Saksi sidang kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) pada Kementerian Sosial (Kemensos) Agustri Yogasmara alias Yogas menyebut awal perkenalan dengan Ihsan Yunus terjadi saat bermain billiar.

Yogas dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso. Kesaksian ini disampaikan saat jaksa penuntut umum mencecar Yogas soal hubungannya dengan Muhamad Rakyan Ikram alias Iman Ikram. 

"Iman Ikram kenalnya di mana? Siapa yang kenalkan ke saudara?" tanya jaksa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu, 2 Juni.

"Waktu itu saya kenal Iman Ikram di rumah kakaknya Iman Ikram pak," jawab Yogas.

"Siapa kakaknya?" timpal jaksa.

"Ihsan Yunus pak," kata Yogas.

Mendengar jawaban itu, jaksa menggali lebih dalam keterangan Yogas. Sebab, berdasarkan beberapa keterangan saksi disebutkan Yogas merupakan operator dari Ihsan Yunus.

"Kenalnya di mana?" tanya jaksa.

"Di rumahnya (Ihsan Yunus)," kata Yogas.

"Dalam rangka apa waktu itu?" tanya jaksa lagi.

"Saya waktu itu diajak oleh kawan saya billiar di rumahnya Pak Ihsan," kata dia.

Jaksa kembali merinci pertanyaannya. Yogas diminta menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan Ihsan Yunus, termasuk orang yang mengenalkannya.

"Siapa teman saudara yang ajak?" tanya jaksa.

"Agus," jawab Yogas.

"Agus siapa? Teman di mana?" tanya jaksa.

"Kolega," kata Yogas.

"Kenal terkait apa?" timpal jaksa.

"Nggak ada pak, saya bener-bener nggak tahu diajak ke tempat siapa dan tahunya itu setelah saya pulang terus ketemu teman Pak Agus lagi. Sebenarnya itu bertanya 'beliau itu apa sih' 'oh beliau itu anggota DPR'," papar Yogas.