Jelang Tarung Ulang Paman Birin-Denny Indrayana, Petugas Bawaslu dan KPU Tes Antigen
ILUSTRASI/VOI/Dua calon yang tarung ulang di Pilgub Kalsel yakni Sahbirin Noor-Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi Darjat.

Bagikan:

BANJARMASIN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan menggelar tes antigen serentak jelang pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel. Dua calon yang tarung ulang yakni Sahbirin Noor-Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi Darjat.

Pelaksanaan tes antigen bagi para petugas Bawaslu dan KPU Kalsel tersebut digelar di sekretariat Bawaslu Kalsel di Jalan RE Martadinata, Banjarmasin.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel Teuku Dahsya Kusuma Putra disela acara tersebut mengatakan, untuk gelar tes antigen di Bawaslu Kalsel ini khusus para karyawan dan karyawati sekretariat baik di Bawaslu dan KPU.

"Kalau Bawaslu Kalsel sebanyak 40 orang, kalau KPU sekitar sekian juga," tuturnya dikutip Antara, Rabu, 2 Juni.

Hasil tes antigen bagi semua karyawan di Bawaslu dan KPU Kalsel dinyatakan negatif.

"Hasil ini makin meyakinkan kita bahwa di masa pandemik ini dan jelang PSU pada 9 Juni 2021, kita semua dinyatakan tidak ada yang terpapar COVID-19," ujar Teuku Dahsya.

Demikian juga bagi para petugas pengawas dan penyelenggara Pemilu yang di lapangan atau di tempat pemungutan suara (TPS), juga sejak kemarin hingga hari ini dilaksanakan tes antigen serentak.

"Khusus untuk penyelenggara PSU di Banjarmasin Selatan saja yang saya ikuti kegiatannya itu sekitar 3.000 orang," ucapnya.

Selain sudah lakukan tes antigen ini, kata Teuku Dahsya, pihaknya juga sudah mengikuti vaksinasi COVID-19. "Kita berterima kasih Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel telah memfasilitasi semua kegiatan ini," sambung Teuku Dahsya.

Sementara ini untuk persiapan jelang PSU yang akan diselenggarakan pada tujuh kecamatan di tiga kabupaten/kota tersebut, Bawaslu Kalsel sudah menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas di lapangan di kabupaten/kota. Baik itu berupa masker, sarung tangan dan lainnya.

Pilkada Kalsel tahun 2020 sesuai putusan Mahkamah Konsitusi (MK) harus digelar PSU di tujuh kecamatan, yakni, lima kecamatan di Kabupaten, Astambul, Matraman, Martapura, Aluh-Aluh dan Sambungan Makmur.

Kemudian pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, dan seluruh TPS di Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Di mana total TPS yang akan digelar pada 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 adalah, paslon nomor urut 1 H Sahbirin Noor dan H Muhidin, paslon nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.