Kabar Duka dari Belitung, Sampai Hari Ini Jumlah Pasien COVID-19 Meninggal Dunia Mencapai 47 orang
Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Belitung, Sahani Saleh (ANTARA/kasmono)

Bagikan:

JAKARTA - Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah kasus kematian akibat virus corona jenis baru atau COVID-19 di daerah itu mencapai 47 orang.

"Sampai hari ini jumlah pasien positif COVID-19 meninggal dunia mencapai 47 orang," kata Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, dilansir Antara, Kamis, 20 Mei.

Menurut dia, berdasarkan laporan kematian COVID-19 RSUD Marsidi Judono Belitung pasien ke-47 yang meninggal dunia adalah Nyonya LP (54) warga jalan Air Baik Desa Air Pelempang Jaya (APJ) meninggal dunia, Rabu, 19 Mei pukul 23.40 WIB di IGD RSUD Marsidi Judono Belitung.

Ia menjelaskan, Nyonya, LP (54) datang ke RSUD Marsidi Judono Belitung pada Rabu, 19 Mei, pukul 23.40 WIB dengan keadaan tidak sadarkan diri, nadi tidak teraba dan tidak lagi bernafas kemudian dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil positif COVID-19.

"Dari penjelasan keluarga sejak satu jam sebelum masuk rumah sakit pasien ditemukan tidak sadarkan diri dan bernafas kemudian tiga hari sebelumnya mengeluh sesak, tidur sambil duduk dan sesak semakin berat berbaring," ujarnya.

Sahani menambahkan, pasien juga diketahui memiliki riwayat penyakit komorbid atau penyerta yaitu kencing manis dan darah tinggi.

"Untuk memastikan kondisi pasien yang datang sudah meninggal dunia maka dilakukan pemeriksaan rekam jantung di monitor dan hasilnya tidak ada irama atau garis lurus," katanya.

Dengan demikian, lanjut Sahani, jumlah kasus kematian akibat COVID-19 di daerah itu mencapai 47 orang, sebanyak 2.119 orang sembuh dan total kasus sejak Maret 2020 mencapai 2.280 orang.

"Sehingga kasus aktif COVID-19 di Belitung sekarang ini tersisa 115 orang dan diharapkan angka kasus semakin turun," ujarnya.