Polri Ungkap Nama Asli Jozeph Paul Zhang, Sampai Sekarang Masih WNI
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Polri mengungkap nama asli Jozeph Paul Zhang adalah Shindy Paul Soerjomeoljono. Hal ini diketahui dalam surat daftar pencarian orang (DPO). Dengan nama asli ini, polisi akan memburu keberadaannya di Jerman.

"Nama aslinya inisialnya SPS. Karena kemarin kita memberitakan sesuai akunnya JPZ. Nama aslinya di dalam DPO tersebut dengan inisial SPS," ucap Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa, 20 April.

Penggunaan nama Shindy Paul Soerjomeoljono saat melacak keberadaannya di Jerman itu merujuk pada data paspor. Bahkan, berdasarkan hasil pelacakan tidak ada nama tersebut yang merubah kewarganegaraan.

"Jadi atas nama SPS tersebut sejak tahun 2017 sampai April 2021 tidak ada warga negara Indonesia yang mencabut kewarganegaraannya," kata Ramadhan.

"Jadi melihat data tersebut maka saudara SPS atau JPZ masih merupakan warga negara Indonesia," sambung dia.

Sebelumnya, Jozeph Paul Zhang melalui video yang diunggah di akun YouTube Hagios Europe menyebut sudah melepaskan status kewarganegaraan Indonesia. Sehingga, dia beranggapan tidak bisa ditangkap. Jika bisa pun hanya dengan menggunakan hukum Eropa.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto membantah soal pengakuan tersebut. Berdasarkan data, dia masih tercatat sebagai warga negara Indonesia.

"Sejak 2017 sampai 2021 tidak ada pengajuan pencabutan kewarganegaraan atas nama JPZ," ucap Komjen Agus.