Ramai Isu <i>Reshuffle</i>, Erick Thohir: Saya Siap Diangkat, Siap Dicopot
Menteri BUMN Erick Thohir (KemenBUMN via ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merespons kabar reshuffle menteri di Kabinet Indonesia Maju. Erick Thohir mengaku tak cemas dan siap menerima keputusan apa pun yang diambil Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, reshuffle kabinet ini sama seperti pemilihan jajaran dewan komisaris dan direksi di perusahaan BUMN yang pelaksanaannya bukan karena suka atau tidak suka.

"Tentu saya sebagai pembantu presiden, saya siap diangkat, saya siap dicopot. Reshuffle hak prerogatif presiden," kata Erick kepada wartawan di Lampung, Kamis, 15 April.

Dia meyakini, reshuffle ini bukan karena kemauan presiden secara pribadi melainkan untuk kebaikan rakyat.

"(Reshuffle, red) bukan karena kemauan presiden sendiri. Tapi tentu, kebaikan untuk rakyatnya supaya pada masa pemerintahan ini, penugasan-penugasan yang dilakukan itu harus ada hasilnya untuk rakyat itu sendiri," ujarnya.

Isu perubahan kabinet menjadi hangat diperbincangkan setelah Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin menjelaskan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera merombak kabinetnya, Selasa, 13 April.

"Presiden Insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri Dikbud/Ristek (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan dan siapa para beliau itu? Waallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden dan kita tunggu saja," tulis Ali Ngabalin di Twitter @AliNgabalinNew, Rabu, 15 April.

Dikonfirmasi VOI, Ngabalin membenarkan Presiden Jokowi sudah bersiap mengganti 3 menterinya itu. Di antaranya, Mendikbud Nadiem Makarim, Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Namun, Ngabalin meminta publik untuk menunggu keputusan resmi Presiden Jokowi dalam waktu dekat ini. 

"Kita tunggu pekan-pekan ini atau bisa pekan depan, sebab biasanya presiden tidak lambat dalam mengambil keputusan apalagi menterinya sudah pamit kan," ungkapnya.