Bagikan:

JAKARTA - Korea Utara meledakkan beberapa ruas jalan dan rel kereta antar-Korea di sisi perbatasannya yang dijaga ketat antara kedua Korea pada Hari Selasa, yang mendorong militer Korea Selatan untuk melepaskan tembakan peringatan.

Pyongyang pekan lalu mengatakan akan memutus jalan dan rel kereta antar-Korea sepenuhnya, membentengi daerah-daerah di sisi perbatasannya sebagai bagian dari dorongan untuk sistem "dua negara" yang membatalkan tujuan lamanya untuk penyatuan.

Sekitar tengah hari pada Hari Selasa, beberapa ruas jalan dan rel kereta di bagian utara yang terhubung ke Korea Selatan hancur, kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan, melansir Reuters 15 Oktober.

Kementerian Unifikasi Seoul, yang menangani urusan lintas-perbatasan, mengutuk insiden tersebut sebagai pelanggaran yang jelas terhadap perjanjian antar-Korea sebelumnya, menyebutnya "sangat tidak normal."

"Sangat menyedihkan Korea Utara berulang kali melakukan perilaku regresif seperti itu," kata juru bicara kementerian Koo Byoung-sam dalam sebuah pengarahan.

Setelah pembongkaran pada Hari Selasa, video yang dirilis oleh militer Korea Selatan menunjukkan ledakan dan gumpalan asap mengepul di atas area jalan tempat Korea Utara memasang penghalang hitam.

Rekaman itu juga menunjukkan beberapa truk sampah dan alat pengolah tanah mendekat dengan sekelompok pejabat militer Korea Utara mengamati dan mengarahkan kendaraan tersebut.

Sebagai tanggapan atas ledakan tersebut, militer Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan ke selatan garis demarkasi militer, meskipun tidak ada kerusakan di sisi perbatasan Seoul, katanya.

Diketahui, ketegangan meningkat setelah Korea Utara minggu lalu menuduh Seoul mengirim pesawat tanpa awak ke Pyongyang. Korea Utara mengatakan pesawat tanpa awak itu menyebarkan "sejumlah besar" selebaran anti-Korea Utara.

Kim Yo-jong, saudara perempuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memperingatkan pada Hari Selasa, Seoul akan "membayar harga yang mahal".

Pemerintah Korea Selatan menolak untuk mengatakan apakah militer Korea Selatan atau warga sipil yang menerbangkan pesawat tanpa awak tersebut.

Sebelumnya, kedua Korea juga berselisih mengenai balon berisi sampah yang diterbangkan sejak bulan Mei dari Korea Utara. Pyongyang mengatakan peluncuran tersebut merupakan tanggapan terhadap balon yang dikirim oleh aktivis anti-rezim di Korea Selatan.

Kedua Korea secara teknis masih berperang setelah perang mereka tahun 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Jalan lintas batas dan rel kereta api adalah sisa-sisa upaya pemulihan hubungan yang mencakup pertemuan puncak tahun 2018. Seoul telah menyalurkan lebih dari 132 juta dolar AS untuk membangun kembali hubungan dalam bentuk pinjaman murah ke Pyongyang, menurut data Kementerian Unifikasi.

"Itu adalah proyek kerja sama antar-Korea utama yang dilakukan atas permintaan dari Korea Utara," kata juru bicara kementerian Koo, seraya menambahkan Pyongyang masih berkewajiban untuk membayar kembali pinjaman tersebut.