Bagikan:

JAKARTA - Gletser Swiss mencair pada tingkat di atas rata-rata pada tahun 2024 saat musim panas yang terik mencair melalui hujan salju yang lebat, kata badan pemantau GLAMOS pada awal bulan ini.

Para ahli glasiologi merayakan musim dingin dan musim semi yang lebat di Pegunungan Alpen awal tahun ini, berharap ini akan menandakan berakhirnya penurunan yang besar selama bertahun-tahun atau bahkan pembalikan kerugian.

Namun, dengan suhu rata-rata Bulan Agustus beberapa derajat di atas titik beku, termasuk di stasiun Jungfraujoch setinggi 3.571 meter yang bertengger di atas Gletser Aletsch, para ilmuwan mengukur rekor hilangnya es di seluruh negeri bulan itu.

Secara keseluruhan, GLAMOS mengatakan gletser Swiss kehilangan 2,5 persen dari volumenya tahun ini yang berada di atas rata-rata dekade terakhir.

"Saya khawatir meskipun tahun ini merupakan tahun yang sempurna bagi gletser, dengan musim dingin yang bersalju dan musim semi yang cukup dingin dan hujan, namun jumlah itu masih belum cukup," kata Direktur GLAMOS Matthias Huss, seperti dilansir dari Reuters 10 Oktober.

"Jika tren yang kita lihat tahun ini terus berlanjut, ini akan menjadi bencana bagi gletser Swiss," tambahnya.

Salah satu faktor yang mempercepat hilangnya gletser tahun ini adalah debu dari Gurun Sahara, kata laporan tersebut.

Debu ini membuat lapisan es berwarna cokelat atau kemerahan yang menghambat kemampuannya untuk memantulkan sinar matahari kembali ke atmosfer.

Gambar yang diunggah Huss di media sosial selama perjalanan pengumpulan data dalam beberapa minggu terakhir menunjukkan aliran sungai berlumpur yang berkelok-kelok melalui lapisan es yang sangat tipis sehingga batu dan kerikil menyembul keluar.

"Benar-benar ada hubungan yang Anda bangun dengan lokasi tersebut, dengan es, dan agak menyakitkan melihat bagaimana batu-batuan mengambil alih begitu saja," katanya kepada Reuters awal bulan ini, saat mengukur es di Gletser Pers, Swiss timur.

Diketahui, lebih dari separuh gletser di Pegunungan Alpen berada di Swiss, tempat suhu meningkat sekitar dua kali lipat dari suhu rata-rata global akibat perubahan iklim.

Sebelumnya, Pemerintah Swiss memberikan persetujuan untuk merevisi beberapa bagian perbatasannya dengan Italia, karena mencairnya punggungan es di antara kedua negara telah mengubah daerah aliran sungai yang menjadi batas wilayah tersebut.

Jika emisi gas rumah kaca terus meningkat, gletser Pegunungan Alpen diperkirakan akan kehilangan lebih dari 80 persen massanya saat ini pada tahun 2100.

Awal tahun ini, pengadilan hak asasi manusia tertinggi Eropa memutuskan bahwa Swiss tidak melakukan cukup upaya untuk menahan dampak perubahan iklim. Pemerintah Swiss membantahnya.