Bagikan:

JAKARTA - Mahkamah Agung India mengerahkan tim investigasi menyelidiki dugaan persembahan suci di kuil Hindu Venkateswara dipalsukan dengan lemak hewani. Pemalsuan persembahan suci ini dianggap penistaan.

Dugaan bahan yang digunakan untuk menyiapkan persembahan manis (laddu) di kuil Venkateswara di Tirupati, mengandung sisa lemak sapi, minyak ikan, dan lemak babi, disampaikan oleh pemerintah negara bagian Andhra Pradesh, dengan mengutip laporan laboratorium.

Kasus tersebut telah memicu kemarahan di negara mayoritas Hindu tersebut dalam beberapa minggu terakhir dan menyebabkan tuntutan dilakukannya penyelidikan independen.

Dilansir Reuters, Jumat, 4 Oktober, Kuil Venkateswara, yang berusia hampir 2.000 tahun, telah menjalani ritual pemurnian selama empat jam, kata juru bicara pemerintah negara bagian tersebut bulan lalu.

Ketua Menteri Andhra Pradesh Chandrababu Naidu, yang mengambil alih kekuasaan pada Juni, menyambut baik keputusan pengadilan tersebut.

Pemerintahannya mengatakan pemalsuan itu terjadi pada sampel yang dikumpulkan sebelum ia berkuasa.

Pendahulu Naidu, Y S Jagan Mohan Reddy, membantah tuduhan tersebut.

Pengadilan mengatakan tim investigasi akan mencakup anggota polisi federal dan negara bagian serta otoritas keamanan pangan India.