Menag Ucapkan Selamat Jumat Agung dan Paskah: Taklukkan Ketakutan dengan Harapan
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Tangkap layar Youtube Kemenag RI)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melalui saluran resmi Kemenag RI di YouTube menyampaikan ucapan selamat merayakan Jumat Agung dan Paskah bagi seluruh umat Kristiani di Indonesia.

Dalam rekaman berdurasi 2 menit 35 detik itu, Menag mengajak masyarakat Kristiani untuk senantiasa bersyukur atas perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Selamat merayakan Jumat Agung dan Paskah bagi umat Kristiani di seluruh Indonesia,” katanya, Jumat, 2 April.

Dia mengatakan, dalam keyakinan Kristiani dua perayaan ini menjadi pengingat dan dorongan untuk selalu saling mencintai dan menjaga kehidupan dunia, dan menaklukkan ketakutan serta ketidakpastian melalui harapan.

Lebih lanjut, Menag juga menyampaikan bahwa perayaan kali ini harus dibarengi dengan suasana prihatin dalam pandemi COVID-19 yang dialami oleh seluruh warga masyarakat di dunia.

“Situasi pandemi tentu akan mempengaruhi cara dalam merayakan Jumat Agung dan Paskah,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut dia memaparkan pula bahwa pemerintah terus berupaya menanggulangi wabah COVID-19 melalui program vaksinasi yang saat ini tengah dijalankan. Tidak lupa Menag terus mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan agar pandemi ini bisa segera berakhir.

“Kami mengimbau kepada seluruh umat Kristiani agar tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk melindungi hidup kita sendiri dan kehidupan orang lain,” imbuhnya.

Meski demikian Menag yakin kondisi baru ini tidak akan mengurangi kadar kesakralan momentum Jumat Agung dan Paskah.

“Meski ibadah Jumat Agung dan Paskah dilakukan dengan cara sederhana, namun tidak mengurangi suka cita kita antara satu dengan yang lainnya,” tegasnya.