Ucapkan Selamat Presiden Jokowi untuk Hari Raya Jumat Agung kepada Umat Kristiani
Ucapan Selamat Merayakan Jumat Agung (Foto: IG @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan hari Raya Jumat Agung kepada umat beragama Kristiniani yang merayakannya . Hal ini disampaikan melalui akun media sosial yang diunggah hari ini.

“Kepada saudara-saudaraku umat Kristiani. Selamat merayakan Hari Raya Jumat Agung 2023,” tulis Jokowi diakun pribadi instagramya yang dikutip VOI, Jumat, 7 April.

Sebagai informasi, Hari ini umat Kristiani merayakan Hari Jumat Agung yang pada tahun 2023 momen tersebut jatuh pada hari Jumat 7 Maret.

Bagi umat Kristen Jumat Agung adalah hari yang suci. Bahkan Pemerintah menetapkan tanggal 7 April sebagai hari libur.

Diketahui, Jumat Agung adalah hari yang sangat penting untuk umat Kristiani karena hari tersebut sekaligus menandai peristiwa penyaliban Yesus Kristus yang dilakukan di Bukit Golgota. Penyaliban Yesus dilakukan untuk memikul dosa manusia.

Secara umum Makna Jumat Agung adalah hari yang suci sekaligus hari kesedihan karena penyaliban Kristus, penebusan dosa oleh Kristus, dan puasa.

Di hari tersebut umat Kristiani akan menggelar berbagai rangkaian ibadah seperti puasa, kebaktian, khotbah di gereja, doa, atau menyanyikan lagu pujian bagi Yesus.

Dalam agama Kristen, Jumat Agung jadi salah satu dari tiga hari suci lain yakni Kamis Putih dan Paskah. Umat Kristen akan merayakan Paskah atau Kebangkitan Yesus Kristus tiga hari setelah Jumat Agung.

Ketika Paskah masyarakat Kristen akan beribadah di hari Minggu saat subuh. Sedangkan bagi umat Katolik, prosesi peribadahan biasanya dilakukan mulai malam paskah atau Sabtu petang hingga disebut Sabtu Suci.