Bagikan:

JAKARTA - Tim kampanye Donald Trump memastikan calon presiden dari Partai Republik itu selamat upaya penembakan, mengatakan keselamatannya menjadi prioritas, saat sejumlah agenda kegiatan menantinya pekan ini.

"Presiden Trump dalam keadaan aman setelah terdengar suara tembakan di sekitarnya. Tidak ada rincian lebih lanjut pada saat itu," kata Steven Cheung, direktur komunikasi Kampanye Trump, dikutip dari WDBJ7 16 September.

Mengutip Al Jazeera, tim kampanye Trump sejauh ini belum mengindikasikan akan ada perubahan pada jadwal mantan presiden tersebut setelah peristiwa Hari Minggu.

Mantan presiden tersebut bersiap mengadakan kampanye di Flint, Michigan, pada Selasa malam. Jajak pendapat menunjukkan persaingan tetap ketat di negara bagian medan pertempuran Midwest tersebut.

Ia kemudian akan mengadakan kampanye di Uniondale, New York, pada Rabu sebelum menuju Wilmington, North Carolina pada Sabtu untuk menyampaikan pidato tentang ekonomi.

Trump sendiri tidak menghentikan penampilan publiknya setelah percobaan pembunuhan pada Bulan Juli. Ia menghadiri Konvensi Nasional Partai Republik dan muncul di beberapa acara pada hari-hari berikutnya.

Sebuah email kepada staf kampanye Trump yang diperoleh AP seperti dikutip mengatakan, "Ini bukan masalah yang kami anggap enteng. Keselamatan Anda selalu menjadi prioritas utama kami. Kami meminta Anda untuk tetap waspada dalam setiap kegiatan Anda."

"Saat kita memasuki 50 hari terakhir kampanye Presiden Trump, kita harus ingat bahwa kita hanya akan dapat menyelamatkan Amerika dari mereka yang berusaha menghancurkannya dengan bekerja sama sebagai satu tim," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Trump selamat setelah menjadi sasaran dari apa yang menurut FBI "tampaknya merupakan percobaan pembunuhan" di klub golf miliknya di West Palm Beach, Florida, pada Hari Minggu waktu setempat.

Agen Secret Service AS yang ditempatkan beberapa lubang dari tempat Trump bermain melihat moncong senapan jenis AK mencuat dari semak-semak yang berjejer di sepanjang lapangan, sekitar 400 yard jauhnya.

Seorang agen melepaskan tembakan dan pria bersenjata itu menjatuhkan senapannya dan melarikan diri dengan sebuah SUV, meninggalkan senjata api tersebut bersama dengan dua ransel, teropong yang digunakan untuk membidik, dan kamera GoPro, kata Sheriff Palm Beach County Ric Bradshaw. Belakangan, pria itu berhasil ditangkap pihak keamanan.

Presiden Joe Biden yang diberitahu peristiwa ini, mengulangi kembali kecamannya mengenai kekerasan politik, bersyukur Trump selamat tanpa luka dan memerintahkan pengamanannya diperketat.

Mantan presiden dan pasangan mereka memiliki perlindungan Secret Service seumur hidup. Tetapi, keamanan di sekitar mantan presiden bervariasi menurut tingkat ancaman dan paparan, dengan tindakan terberat biasanya diambil segera setelah mereka meninggalkan kantor.

Perlindungan yang diberikan kepada Trump lebih tinggi dibandingkan dengan mantan presiden lainnya, karena visibilitasnya yang tinggi dan pencalonan kembali dirinya dalam Pemilu Presiden AS 2024.