Bagikan:

JAKARTA - Polisi Australia berhasil menangkap dan mendakwa seorang terduga pencuri empat medali Olimpiade milik pedayung negara itu Drew Ginn, namun masih menelusuri keberadaan tiga medali emas dan satu perak yang belum diketemukan.

Tersangka yang merupakan pria berusia 47 tahun, dicari berdasarkan surat perintah atas dugaan pencurian tersebut. Ia ditangkap pada Hari Rabu di Brunswick, pinggiran utara Melbourne.

Pihak berwenang mengatakan, medali Ginn diyakini telah dicuri dari belakang Land Rover miliknya yang diparkir di ibu kota Victoria sekitar seminggu yang lalu, dilansir dari CNN 14 September.

Sebuah kamera GoPro, headphone, dan pakaian selam juga dicuri, Polisi mengatakan, Ginn telah meninggalkan barang-barang tersebut bersama dengan medali di dalam mobilnya saat menjadi pembicara di sebuah sekolah.

Ginn adalah salah satu atlet Olimpiade Australia yang paling berprestasi dan merupakan anggota kru dayung juara yang dikenal sebagai "The Oarsome Foursome."

Ia memenangkan medali tersebut selama hampir dua dekade berkarir di Olimpiade yang dimulai pada pertandingan 1996 di Atlanta dan berlanjut hingga Olimpiade London tahun 2012.

"Medali-medali itu sangat berharga bagi keluarga dan teman-teman, tetapi Anda tidak dapat mengasuransikannya," kata Ginn kepada penyiar publik ABC Radio Melbourne pada Hari Jumat.

"Medali-medali itu disembunyikan di dalam mobil, tetapi mobil itu digeledah seluruhnya sehingga banyak barang yang rusak dan hancur," tambahnya.

Pria berusia 49 tahun itu menyuarakan harapan, daripada dijual, medali-medali itu mungkin akan kembali ke pemiliknya yang sah.

"Mungkin ada pasar di luar sana untuk hal semacam ini tetapi Anda berharap akal sehat akan berperan dan, pada akhirnya, saya tahu medali-medali lain telah dikembalikan pada tahun-tahun yang lalu jadi kami berharap itu terjadi dalam kasus ini," harap Ginn.

Polisi telah merilis foto medali-medali itu dan meminta orang-orang untuk waspada, jika-kalau mereka terlihat dijual di pegadaian atau platform daring.

Sementara, tersangka pencuri telah didakwa melakukan pencurian kendaraan bermotor, memperoleh barang dengan cara menipu, memperoleh keuntungan finansial dengan cara menipu, dan menangani barang curian.