Bagikan:

JAKARTA - Panitia Seleksi mengumumkan 20 nama calon pimpinan (capim) KPK periode 2024-2029 yang lolos tes asesmen profil atau profile assesment. Dari puluhan nama tersebut, tiga di antaranya merupakan jenderal Polri.

Diketahuinya nama perwakilan Polri yang lolos tes berdasarkan surat pengumuman yang teregistrasi dengan nomor 66/PANSEL-KPK/09/2024.

Mereka antara lain, Komjen Setyo Budiyanto yang kini bertugas di Kementerian Pertanian (Kementan); Irjen Djoko Poerwanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah; dan Irjen Didik Agung Widjanarko yang saat ini menjabat Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK.

Sedianya, Polri diketahui mengutus empat orang untuk ikut dalam tes capim KPK. Artinya, ada satu yang tak lolos dalam tes asesmen profil atau profile assesment.

Jenderal polisi tersebut yakni Komjen RZ Panca Putra yang saat ini bertugas sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhannas).

Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh menyebut ada 40 orang calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK periode 2024-2029 yang dinyatakan lolos.

“Masing-masing untuk calon pimpinan 20 orang dan dewan pengawas ada 20 calonnya,” ucap Ateh dalam konferensi pers di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta, Rabu, 11 September.

Mereka yang dinyatakan lolos akan menjalani tes selanjutnya yakni wawancara dan kesehatan yang diselenggarakan pada 17-18 September untuk calon pimpinan. Sementara untuk calon dewas bakal dilaksanakan pada 19-20 September.

“Yaitu wawancara dan tes kesehatan jasmani dan rohani,” kata Ateh.