Bagikan:

JAKARTA - Panitia Seleksi mengumumkan 20 nama calon pimpinan (capim) KPK periode 2024-2029 yang lolos tes asesmen profil atau profile assesment.

Berdasarkan surat pengumuman yang teregistrasi dengan nomor 66/PANSEL-KPK/09/2024, terdapat tiga nama yang merupakan perwakilan dari Kejaksaan Agung (Kejagung).

Ketiga nama itu yakni, Kapuspenkum Harli Siregar; Plt Deputi III Kemenkopolhukam Sugeng Purnomo; dan Fitroh Rohcahyanto yang juga pernah menjadi mantan Direktur Penuntutan KPK.

Kejagung sedianya mengirimkan lima jaksa untuk berkompetisi dalam seleksi Capim KPK. Dengan begitu, ada dua nama yang sudah gugur yakni Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali Ketut Sumedana dan Sekretaris Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Sesjampidsus) Andi Herman.

Perihal pengumunan Capim KPK yang dinyatakan lolos tes profile assesment, Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar mengamini bila tersisa 3 perwakilan dari Korps Adhiyaksa.

Namun, disebutkan bila ada beberapa nama capim KPK yang memiliki latar belakang sebagai jaksa.

"Masih banyak yang latar belakangnya jaksa. Johanis Tanak dan Muhammad Yusuf merupakan mantan jaksa," kata Harli.

Sebelumnya, Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh menyebut ada 40 orang calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK periode 2024-2029 yang dinyatakan lolos.

“Masing-masing untuk calon pimpinan 20 orang dan dewan pengawas ada 20 calonnya,” ucap Ateh dalam konferensi pers di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta, Rabu, 11 September.

Mereka yang dinyatakan lolos akan menjalani tes selanjutnya yakni wawancara dan kesehatan yang diselenggarakan pada 17-18 September untuk calon pimpinan. Sementara untuk calon dewas bakal dilaksanakan pada 19-20 September.

“Yaitu wawancara dan tes kesehatan jasmani dan rohani,” kata Ateh.