Bagikan:

JAKARTA - Polri mengirim empat nama untuk turut serta dalam proses seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. Dua di antaranya berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

"Ada empat nama dan ini merupakan bagian personel-personel terbaik di Polri," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Selasa, 16 Juli.

Empat nama itu yakni Komjen Setyo Budiyanto yang kini bertugas di Kementerian Pertanian (Kementan); Komjen RZ Panca Putra yang saat ini bertugas sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhannas).

Kemudian, Irjen Djoko Poerwanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah; dan Irjen Didik Agung Widjanarko yang saat ini menjabat Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK.

"Kami sampaikan bahwasanya keempat personel tersebut adalah merupakan personel terbaik, di mana dengan adanya panitia seleksi capim KPK, tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan," kata Trunoyudo.

Pendaftaran capim dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah ditutup per Senin, 15 Juli 2024. Tercatat sebanyak 525 orang mendaftar.

Dengan rincian, jumlah pendaftar untuk Capim KP sebanyak 318 orang terdiri dari 298 laki-laki dan 20 perempuan. Sementara pendaftar calon Dewas 207 orang terdiri dari 184 laki-laki dan 23 perempuan.