Bagikan:

JAKARTA - Polri mengirim empat jenderal dalam proses seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. Seluruhnya dinyatakan lulus dalam tes tertulis.

Lulusnya empat jenderal Polri itu berdasarkan surat pengumuman nomor 47/PANSEL-KPK/08/202 yang dikeluarkan oleh Panitia Seleksi atau Pansel Capim dan Dewas KPK.

Empat jenderal Polri yang lulus itu antara lain, Komjen Setyo Budiyanto yang kini bertugas di Kementerian Pertanian (Kementan); Komjen RZ Panca Putra yang saat ini bertugas sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhannas).

Kemudian, Irjen Djoko Poerwanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah; dan Irjen Didik Agung Widjanarko yang saat ini menjabat Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK.

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan para pendaftar yang lulus tes tertulis akan menjalani seleksi tahapan selanjutnya yakni profile assement.

Seleksi tahapan selanjutnya bakal dilaksanakan pada 28-29 Agustus mendatang.

“Peserta yang dinyatakan lulus diwajibkan untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya,” sebut Ateh.

Adapun, tes tertulis calon pimpinan KPK diikuti oleh 230 peserta. Dari jumlah tersebut 40 di antaranya dinyatakan lolos.

Sementara untuk calon Dewan Pengawas KPK jumlah yang lolos dalam tahapan seleksi tertulis juga 40 dari 142 orang. Masyarakat bisa memantau nama-nama yang lolos dan memberikan tanggapan melalui situs https://apel.setneg.go.id.