Bahan Baku yang Disita dari Penyergapan Terduga Teroris Bisa Buat 70 Bom Pipa
Barang bukti penyergapan terduga teroris di Jaktim dan Kabupaten Bekasi (Rizky Adytia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi menyita 3,5 kilogram bahan baku pembuatan bom dari penangkapan empat terduga teroris di Condet, Jakarta Timur dan Desa Sukasari, Kabupaten Bekasi. Bahan baku itu disebut bisa membuat 70 bom pipa.

"Dari temuan handak (bahan peledak) tersebut beserta bahan baku yang ada sesuai dengan perhitungan daripada tim bahwa TATP dari 5 bom toples dengan berat 3,5 kilogram, diperkirakan dapat membuat sekitar 70 bom pipa," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan, Senin, 29 Maret.

Menurut Fadil, bahan baku pembuatan bom itu mudah sekali meledak.  Karena itu, tim dari penjinak bom (jibom) memutuskan untuk memusnahkannya dengan cara diledakkan di tempat yang aman.

"TATP ini adalah sebuah senyawa kimia yang mudah meledak dan tergolong sebagai high explosive yang sangat sensitif. TATP adalah senyawa peroksida yang memiliki sifat khas yang sangat mudah terbakar hanya dengan gesekan panas dan pemicu-pemicu yang lainnya," papar Irjen Fadil.

"Oleh sebab itu tim jibom dari satuan Gegana PMJ memutuskan untuk melaksanakan disposal di dua lokasi di mana ditemukan TATP tersebut," sambung dia.

Irjen Fadil Imran menyebut terduga teroris berinisial HH sebagai otak dari kelompok teroris yang ditangkap di Condet dan Bekasi. HH juga disebut sebagai pendana hingga pengatur teknis dan taktis dalam perencanaan aksi teror.

"Dia yang merencanakan, mengatur taktis dan teknis bersama ZA. Kemudian hadir dalam beberapa pertemuan untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan amaliah ini. Membiayai dan mengirmkan video tentang teknis pembuatan kepada 3 tersangka lainnya," ujarnya.

Sementara untuk terduga teroris lainnya memiliki peran yang berbeda. Untuk inisial ZA berperan membeli bahan baku peledak.

"Peran saduara ZA adalah membeli bahan baku dan bahan peledak seperti Aseton, HCL, Termometer, dan aluminium powder, memberitahukan kepada saudara BS cara pembuatan dan cara mencampurkan cairan-cairan yang telah disiapkan tersebut," kata dia.