Bagikan:

JAKARTA - Sekitar 700 ribu wisawatan Rusia diperkirakan akan mengunjungi Indonesia, seiring dengan pembukaan Konsulat Jenderal negara itu di Denpasar, Bali akhir tahun ini.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergei Gennadievich Tolchenov mengatakan, Rusia berencana membuka Konsulat Jenderal di Denpasar, Bali pada akhi tahun ini.

Dikatakannya, ini diambil seiring dengan banyaknya warga Rusia yang berkunjung ke Bali. Itu juga dimaksudkan untuk memudahkan pelayanan bagi warga Rusia di Pulau Dewata.

"Pemerintah Federasi Rusia mengambil keputusan pembukaan Konsulat Jenderal Federasi Rusia di Bali," kata Duta Besar Tolchenov di Jakarta, Selasa 20 Agustus.

Dikatakannya, nantinya akan ada penerbangan langsung dari Moskow menuju Bali, dengan menyebut maskapai Rusia Aeroflot, yang dinilainya akan meningkatkan kedatangan warga Rusia.

"Saya tidak berhak memprediksi, tapi mungkin sekitar 700 ribu," kata Dubes Tolchenov, ketika ditanya perkiraan jumlah wisatawan yang akan datang.

Ia kemudian memberikan gambaran dengan target sekitar 2 juta wisatawan di Thailand, seiring dengan pembukaan Konsulat Jenderal di Phuket tahun lalu.

Mengutip Interfax, Konsulat Jenderal Rusia di Phuket, Thailand dibuka pada Juli 2023 lalu. Tahun ini, Tourism Authority of Thailand (TAT) menargetkan kedatangan sekitar 2 juta turis Rusia, dikutip dari Thailandelitevisas.

"Penerbangan dari Rusia ke ke Thailand sekitar 9 jam. Penerbangan ke Bali sekitar 13 jam, empat jam lebih lama, itu lebih jauh," kata Dubes Tolchenov.

Mengutip data BPS, jumlah wisatawan asal Rusia yang datang ke Indonesia tahun lalu mencapai 161.323 orang.