Jelang Libur Paskah, Satgas COVID-19 Minta Pemda Siapkan Langkah Preventif Cegah Kerumunan
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (DOK. BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengimbau pemerintah dan satgas daerah mengambil langkah preventif jelang libur Paskah. Apalagi Paskah akan dirayakan di akhir pekan atau Minggu, 4 April mendatang.

“Satgas mengimbau dalam seminggu ke depan ini pemerintah dan satgas daerah dapat mulai mengambil langkah antisipatif mencegah terjadinya kerumunan mobilitas terkait perayaan hari raya tersebut dan terutama, kerumunan di destinasi liburan,” kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 25 Maret.

Hal ini menurutnya perlu dilakukan mengingat tiap tanggal merah di akhir pekan mobilitas warga kerap terjadi dan menimbulkan potensi penularan COVID-19.

“Seperti pengalaman sebelumnya, tanggal merah yang jatuh pada akhir pekan memiliki potensi untuk meningkatkan mobilitas masyarakat,” tegas Wiku.

Satgas COVID-19 juga meminta masyarakat agar menghabiskan waktu libur di rumah dan tidak berkerumun. Selain itu diingatkan kembali mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

“Mohon kerja sama dari masyarakat untuk tidak berkerumun dan tetap ingat dalam masa pandemi akan jauh lebih aman untuk menghabiskan liburan di rumah saja,” pungkasnya.