Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Wiku Adisasmito meminta seluruh umat Kristiani yang merayakan Paskah tetap melaksanakan protokol kesehatan dan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro. 

Sebab hingga saat ini pandemi COVID-19 di Tanah Air belum berakhir.

"Pemerintah meminta agar perayaan Paskah tahun ini dilaksanakan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan lainnya yang berlaku selama masa PPKM Mikro," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 1 April.

Dia juga meminta masyarakat tidak melakukan perjalanan atau mobilitas ke tempat lain jika tidak mendesak. Hal ini harus dilakukan guna mencegah potensi penularan COVID-19 di tengah masyarakat.

Wiku meminta pemerintah daerah untuk mengoptimalisasi peran posko di tengah libur Paskah. Satgas COVID-19 memahami jika banyak daerah yang mengantisipasi kunjungan turis saat musim liburan ini. 

Namun dia meminta, hari libur yang akan dimulai sejak Jumat, 2 April hingga Minggu, 4 April mendatang bisa mejadi momentum bagi tiap daerah untuk menegakkan protokol kesehatan.

"Hari libur justru harus menajdi saat di mana prokes semakin ditegakkan," tegas Wiku.

“Jangan sampai ada lonjakan kasus lagi di daerah-daerah, mengingat  hal tersebut akan menjdi preseden yang sangat buruk ke depannya dan berpotensi membawa dampak negatif berkepanjangan," pungkasnya.