Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mengeluarkan anggaran Rp200 juta untuk memperbaiki Gedung Cianjur Creative Center (CCC) yang rusakter dampak gempa. Perbaikan dilakukan agar bisa dipakai anak muda dan pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan kreativitas.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertahanan Cianjur Cepi Rahmat Fadiana mengatakan, sudah meninjau gedung yang dibangun Pemerintah Provinsi Jabar dan diserahkan pengelolaannya ke Pemkab Cianjur, dimana banyak dinding yang retak.

"Kami sudah melihat banyak dinding yang retak akibat gempa, sehingga rawan ketika dipakai beraktivitas, agar dapat berfungsi dengan baik dan aman, dibutuhkan biaya perbaikan sekitar Rp 200 juta," katanya di Cianjur Kamis, 15 Agustus, disitat Antara.

Dana perbaikan gedung tersebut, masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2024, sehingga pelaksanaan perbaikan dapat dilakukan bulan depan dengan target tuntas dalam waktu cepat.

Sedangkan terkait keberadaan gedung tutur dia, setelah serah terima bantuan pembangunan Gedung CCC dari Pemprov Jabar ke Pemkab Cianjur, belum sempat dilakukan aktivitas karena kondisi rusak ringan setelah gempa mengguncang Cianjur November 2022.

"Sebelum gempa sudah diserahterimakan, namun belum ada aktifitas keburu gempa, sehingga bangunan mengalami kerusakan ringan dimana terdapat retakan di sejumlah dinding bangunan berlantai 3 itu," katanya.

Pihaknya berharap setelah mendapat perbaikan, gedung CCC dapat berfungsi sesuai peruntukan sehingga aktifitas pemuda dan pelaku usaha kreatif dapat berjalan dengan lancar dan aman.

"Kita targetkan dalam satu bulan sudah tuntas, kalau belum nanti akan disesuaikan kembali anggarannya," kata Cepi.

Sementara pantauan di lapangan, gedung CCC yang terletak di pusat kota Cianjur, sempat terkesan terbengkalai selama satu tahun terakhir, tidak ada aktifitas di luar atau dalam gedung karena pihak pengelola merasa was-was akibat banyaknya kerusakan terutama di bagian dinding bangunan.

Pembangunan gedung tersebut merupakan upaya Pemprov Jabar dalam rangka mendorong anak muda dan para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan kreativitas dengan dibangun-nya beberapa Gedung Creative Center yang berdiri di beberapa kota/kabupaten termasuk di Cianjur.