Bagikan:

JAKARTA - Ajax, raksasa sepak bola Belanda, akan memulai kampanye Eredivisie mereka dengan menghadapi Heerenveen di Amsterdam Arena pada Minggu, 11 Agustus. Setelah musim 2023-24 yang mengecewakan, Ajax berharap untuk bangkit kembali, sementara tim tamu berusaha memperbaiki posisi finis mereka yang ke-11 pada musim lalu.

Ajax memasuki musim baru dengan tekad untuk memperbaiki start buruk mereka dari musim lalu, di mana mereka hanya memenangkan satu dari delapan pertandingan liga pertama (D2, L5). Meskipun berhasil finis di posisi kelima dan mengamankan tiket ke Liga Europa, pencapaian ini jauh di bawah standar tinggi Ajax.

Francesco Farioli, pelatih kepala baru Ajax, ditugaskan untuk memimpin pembangunan kembali di Amsterdam Arena. Mantan pelatih Nice ini membuat awal yang menjanjikan dengan membawa timnya meraih kemenangan agregat 4-1 atas Vojvodina di babak kedua kualifikasi Liga Europa, diikuti dengan kemenangan tipis 1-0 atas Panathinaikos di leg pertama babak ketiga kualifikasi.

Kini, Ajax akan mengalihkan fokus mereka ke pertandingan hari Minggu melawan Heerenveen, di mana mereka optimistis meraih tiga poin penuh setelah memenangkan 13 dari 15 pertandingan kandang liga terakhir melawan tim tamu.

Di sisi lain, Heerenveen memasuki musim baru dengan harapan memperbaiki posisi finis mereka di tempat ke-11 pada musim lalu. Robin van Persie, mantan striker Arsenal dan Manchester United, akan menjalani debutnya sebagai pelatih kepala Heerenveen, setelah sebelumnya menghabiskan waktu sebagai manajer tim U-18 Feyenoord dan bekerja dengan tim utama di bawah Arne Slot.

Meskipun Van Persie menghadapi ujian berat dalam pertandingan kompetitif pertamanya sebagai pelatih, tim tamu dapat mengambil kepercayaan dari pertemuan terakhir mereka dengan Ajax pada bulan Februari, di mana mereka meraih kemenangan mengejutkan 3-2 di kandang.

Ajax kemungkinan akan tampil tanpa Christian Rasmussen dan Owen Wijndal, sementara Gaston Avila dan Amourricho van Axel Dongen diragukan tampil di laga pembuka liga. Steven Bergwijn absen di leg pertama melawan Panathinaikos dan akan melewatkan pertandingan hari Minggu karena skorsing.

Saat mata tertuju pada pertandingan Eropa Kamis mendatang, Farioli mungkin akan merotasi skuadnya, dengan Branco van den Boomen, Mika Godts, Bertrand Traore, dan Brian Brobbey di antara mereka yang mungkin diberikan kesempatan untuk memulai pertandingan akhir pekan ini.

Sementara itu, Heerenveen diperkirakan akan menurunkan Andries Noppert sebagai penjaga gawang, dengan Sam Kersten dan Pawel Bochniewicz sebagai dua bek tengah. Luuk Brouwers, yang mempermanenkan kontraknya setelah masa pinjaman, kemungkinan akan memulai di lini tengah bersama Simon Olsson dan Amara Conde. Ion Nicolaescu, yang mencetak lima gol dalam 19 penampilan liga musim lalu, diprediksi akan memimpin lini depan melawan Ajax.

Perkiraan Susunan Pemain

Ajax:

Pasveer; Rensch, Sutalo, Baas, Hato; Taylor, Henderson, Van den Boomen; Traore, Godts, Brobbey.

Heerenveen:

Noppert; Hall, Kersten, Bochniewicz, Kohlert; Conde, Olsson, Brouwers; Sebaoui, Al-Saed, Nicolaescu