Kontribusi Penting Thom Haye Bantu Heerenveen Kalahkan Ajax Amsterdam
Thom Haye merayakan gol Heerenveen saat mengalahkan Ajax Amsterdam (dok. Heerenveen).

Bagikan:

JAKARTA - SC Heerenveen berhasil mengamankan tiga poin saat menjamu Ajax Amsterdam di Stadion Abe Lenstra. Tuan rumah menang 3-2 pada pekan ke-21 Eredivisie 2023/2024, Minggu, 11 Februari 2024, waktu setempat, melalui kontribusi apik calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Thom Haye.

Sebelum pertandingan, beberapa bendera dikibarkan. Salah satunya menampilkan Abe Lenstra, pemain yang pernah membalikkan defisit 1-5 dengan lima gol sendirian.

Edisi melawan Ajax tentu butuh motivasi seperti itu. Benar saja, mereka langsung terlecut sejak awal.

Heerenveen memimpin pada menit ke-11 melalui gol Pelle van Amersfoort. Dia sukses mengonversi umpan silang Oliver Braude dengan sundulan indah.

Gol tersebut semakin membuat semangat tim tuan rumah terbakar. Meski inferior dari sisi penguasaan bola, mereka bermain sangat efektif.

Terbukti, mereka sanggup melepas 17 tembakan, lima di antaranya tepat sasaran, dari cuma 34 persen penguasaan bola.

Angka itu unggul dari milik Ajax yang hanya sanggup menembak 12 kali dan enam di antaranya mengarah ke gawang.

Ajax bahkan baru membuka peluang pada menit ke-20. Namun, upaya Kristian Hlynsson masih membentur mistar gawang.

Setelah itu, giliran Heerenveen kembali mengancam. Kali ini melalui aksi calon pemain naturalisasi Indonesia, Thom Haye.

Thom Haye nyaris menggandakan keunggulan andai tendangan bebas langsungnya tidak membentur tiang.

Kerja keras Heerenveen baru berbuah hasil pada menit ke-38. Osame Sahraoui masuk papan skor setelah tendangannya tak mampu dihalau kiper Ajax.

Tim tamu sama sekali tak bisa membuka keran gol pada paruh pertama. Segala usaha mereka masih digagalkan kiper Mickey van der Hart. Keunggulan 2-0 untuk Heerenveen bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Ajax jelas mengusung misi kembangkitan, sedangkan tuan rumah cukup mempertahankan keunggulan dua gol.

Alih-alih memperkecil ketertinggalan, justru Heerenveen kian menjauh. Ketika laga baru berjalan semenit, Van Amersfoort mencetak brace sekaligus gol ketiga tuan rumah.

Ajax baru bisa membuka gol pada menit ke-51 lewat gol bunuh diri Pawel Bochniewicz. Tim tamu sempat mendekat pada menit ke-79 melalui gol Chuba Akpom.

Namun, hingga akhir laga, tuan rumah Heerenveen sanggup mempertahankan keunguglan 3-2.

Thom Haye tentu menjadi sorotan publik tuan rumah selain Van Amersfoort yang mencetak dua gol. Pemain berdarah Indonesia itu punya kontribusi penting meski tak mencetak gol.

Tercatat, gelandang 29 tahun punya nilai 7,5 dalam statistik WhoScored. Angka itu hanya kalah dari Amersfoort yang mendapat nilai 8,5.

Penilaian apik Thom Haye tak lepas dari efektivitas permainnya dalam menciptakan peluang untuk tim.

Selain tendangan bebas yang membentur tiang, Thom Haye punya operan sukses 80 kali dari 83 yang ia lepaskan.

Thom Haye menjadi sosok sentral di lini tengah Heerenveen. Dia bermain penuh kala tim membungkam Ajax Amsterdam di kandang.

Saat ini Heerenveen ada di peringkat ke-11 klasemen Eredivisie 2023/2024 dengan 25 poin, sedangkan Ajax ada di tangga kelima dengan 35 poin.