Profil Thom Haye, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Pernah Berlaga di Serie A
Thom Haye (Instagram.com/@pssi).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Nama Thom Jan Marinus Haye belakangan menjadi perbincangan di kalangan penggemar sepak bola Tanah Air. Ia adalah pesebak bola keturunan Indonesia yang sedang menjalani proses naturalisasi. Thom sendiri sudah tiba di Jakarta sejak Kamis, 28 Desember 2023 guna menjalani sejumlah proses perpindahan kewarganegaraan, seperti wawancara di Badan Intelejen Negara (BIN), tes kesehatan, hingga melengkapi dokumen pendukung lainnya. Lantas, seperti apa sosoknya? Simak informasi tentang profil Thom Haye dalam artikel berikut ini.

Profil Thom Haye

Profil Thom Haye merupakan pesepak bola kelahiran Amsterdam, Belanda pada 9 Februari 1995. Posisi Thom dalam permainan sepak bola adalah gelandang bertahan. Meskipun begitu, ia juga bisa menjadi gelandang tengah dan bek tengah.

Darah Indonesia Thom Haye berasal dari kakek dan neneknya yang merupakan orang Sulawesi dan Solo.

Thom mengawali kariernya di akademi AZ Alkmaar pada 2012. Dua tahun kemudian, tepatnya pada Februari 2014, Thom debut di tim utama. Kala itu, ia diturunkan dalam laga melawan Ajax Amsterdam.

Setelah menimba ilmu selama empat tahun, Thom Haye Pindak ke Willem II dan masuk ke skuad utama. Bersama klub ini, Thom berhasil membukukan lima gol dari 65 kali penampilan.

Pada 2018, Thom hijrah ke Italia untuk bergabung dengan Lecce, klub lawas Serie A yang bermarkas di Stadio Via del Mare. Akan tetapi, di klub tersebut, ia hanya bermain selama satu musim.

Berikutnya, Thom Haye kembali lagi ke Belanda dan bergabung dengan ADO Den Haag hingga 2020. Selama membela ADO Deen Haag, Thom membukukan lima gol dari 55 kali penampilan.

Karier Thom Haye yang berikutnya adalah bergabung degan NAC Breda. Ia membela klub tersebut selama dua musim.

Pada tahun 2022, Thom pindah klub lagi. Kali ini ia berlabuh ke Heerenveen. Thom Haye membela klub tersebut sampai saat ini.  Ia menjadi pilihan utama pelatih Kees Van Wonderen di lini tengah.

Hingga paruh musim 2023-2024, Thom telah membukukan 16 penampilan di semua ajang dengan torehan dua gol dan dua assist. Selain itu, Thom juga menjadi pemain keempat yang paling banyak membuat assist (66), pemain ketujuh dengan umpan sukses terbanyak (1767), pemain kedelapan dengan intersep terbanyak (45) di Liga Belanda sepanjang tahun ini. Penampilannya yang impresif membuat Thom tidak tergantikan di lini tengah Heerenven musim ini.

Sebelum memutuskan untuk dinaturalisasi, Thom Haye ternyata pernah bermain untuk timnas Belanda di berbagai kelompok umur, mulai dari U-15 hingga U-21. Secara keseluruhan, Thom telah membukukan 50 caps dengan torehan lima gol.

Menyambut proses naturalisasinya yang memasuki tahap awal, Thom mengaku antusias demi segera jadi bagian dari Timnas Indonesia.

“Senang akhirnya bisa tiba di Indonesia. Ya, memperkuat Timnas Indonesia akan menyenangkan dan itu akan terjadi,” kata Thom dalam keterangannya, dikutip VOI, Sabtu, 30 Desember 2023.

"Saya hanya perlu menjalani prosesnya saja. Saya masih percaya diri hal itu akan terjadi,” sambung Thom.

Demikian informasi tentang profil Thom Haye. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.