Thom Haye Lega Naturalisasinya Kelar dan Siap Bela Timnas Indonesia
Thom Haye resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah janji setia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Naturalisasi Thom Haye sudah rampung pada Senin, 18 Maret 2024, malam WIB.

Dia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Pemain SC Heerenveen itu mengaku lega proses panjang naturalisasinya selesai.

"Setelah proses panjang, akhirnya selesai. Saya senang. Proses 24 jam. Setelah saya main (bersama Heerenveen). Saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam (ke Indonesia). Kemudian, saya ke sini (Jakarta) dan selesai," tutur Thom Haye.

Lebih lanjut, gelandang 29 tahun itu sudah tak sabar bermain untuk Timnas Indonesia. Terdekat, dia dijadwalkan membela Skuad Garuda melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Saya senang dan terima kasih atas dukungannya (kepada pendukung Timnas Indonesia dan semua pihak). Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan Timnas Indonesia," kata Thom Haye.

Hanya saja, Thom Haye tampaknya belum bisa tampil dalam pertemuan pertama Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 21 Maret 2024.

Meski pewarganegaraan selesai, dia harus menyelesaikan perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) agar bisa tampil bersama Timnas Indonesia.

Kemungkinan, Thom Haye baru bisa membela Skuad Garuda pada perjumpaan kedua melawan Vietnam di Stadion My Dinh, 26 Maret 2024.