Ragnar Oratmangoen Berharap Debut Indah Bersama Timnas Indonesia Saat Melawan Vietnam
Ragnar Oratmangoen sudah berlatih bersama Timnas Indonesia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Ragnar Oratmangoen sudah bisa tampil bersama Timnas Indonesia setelah proses perpindahan federasi dan naturalisasinya rampung.

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zonas Asia melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa, 26 Maret 2024, bisa menjadi partai debutnya.

Ragnar berharap hal itu dapat terwujud. Pemain Fortuna Sittard itu sudah tak sabar membela Timnas Indonesia.

"Saya sangat senang, bangga bisa berada di sini. Saya harap saya bisa mendapatkan debut saya bersama Timnas Indonesia di Vietnam. Insyaallah bisa menjadi kenangan yang indah untuk saya," kata Ragnar.

Ragnar sudah ikut pemusatan latihan sebelum Timnas Indonesia menjamu Vietnam pada pertemuan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 21 Maret 2024.

Dia mengaku persiapannya sudah berjalan baik, termasuk dalam sesi latihan Timnas Indonesia saat tiba Vietnam sejak 23 Maret 2024.

"Persiapannya berjalan baik. Saya berusaha tetap bugar dan tidak sakit. Sejauh ini masih melakukan beberapa latihan fisik dan siap untuk menghadapi pertandingan," tutur Ragnar.

Sementara itu, terkait kekuatan Vietnam, Ragnar menilai mereka tim yang tangguh. Saat bermain di SUGBK, Vietnam dinilai mampu memberikan perlawanan sengit sehingga Timnas Indonesia hanya menang tipis 1-0.

Meski demikian, dia yakin bahwa Skuad Garuda masih jauh lebih baik daripada The Golden Star.

"Mereka bermain cukup baik saat di Jakarta, tapi saya yakin kami masih bisa bermain bagus," ucapnya.

Ragnar bersama Thom Haye menjadi pemain naturalisasi terbaru yang dimiliki Timnas Indonesia. Keduanya masih absen saat Timnas Indonesia melawan Vietnam di SUGBK pada 21 Maret 2024.

Kala itu, proses peralihan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) belum selesai meski naturalisasi Ragnar dan Thom sudah rampung pekan sebelumnya.

Namun, kini semua proses itu sudah kelar. Ragnar dan Thom sudah bisa membela Timnas Indonesia dan kemungkinan mendapatkan debutnya saat melawan Vietnam.