Bagikan:

JAKARTA - Pemain Timnas Indonesia yang baru saja menuntaskan naturalisasi, Ragnar Oratmangoen, membeberkan dirinya seorang mualaf. Ragnar kemudian membagikan kisah singkat di balik pilihannya memeluk Islam.

Ragnar resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia pada Senin, 18 Maret 2024, di Jakarta.

Ragnar sudah bisa bergabung Skuad Garuda dalam agenda pemusatan latihan (TC) jelang lawan Vietnam. Melihat agenda Timnas Indonesia dijalankan saat bulan Ramadan, Ragnar sempat ditanya soal pandangannya.

Pada momen inilah Ragnar membenarkan bahwa ia juga ikut berpuasa. Namun, ada fakta terungkap bahwa ternyata ia seorang mualaf saat dirinya masih belasan tahun.

"Saya tidak terlahir sebagai muslim. Saya dibesarkan dalam keluarga Kristen," ujar Ragnar Oratmangoen saat ditemui di acara Media Day Timnas pada Selasa, 19 Maret 2024, di kawasan Jakarta Pusat.

"Namun, setelah saya tumbuh dewasa, saya memutuskan untuk memeluk Islam pada usia 15 tahun," katanya.

Pada kesempatan sama, Ragnar tak segan mengungkapkan secara singkat soal keputusannya memeluk Islam.

Pemain 26 tahun itu mengatakan bahwa ia terinspirasi dari teman-temannya yang sering membawanya untuk datang ke masjid.

"Bagi saya, yang saya pikirkan ialah belajar tentang Tuhan. Tentu saja teman saya beberapa kali membawa saya ke masjid," tutur sang penyerang.

"Mereka membuat saya belajar lebih tentang Tuhan dan religi bagaimana membantumu dalam hidup serta membuat saya memutuskan untuk menjadi seorang muslim," katanya.

Ragnar Oratmangoen masuk dalam daftar 26 pemain Timnas Indonesia melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Hanya saja, dia kemungkinan belum bisa membela Skuad Garuda saat berjumpan The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 21 Maret 2024.

Soalnya, dia masih harus menyelesaikan perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Dia punya kans debut saat Timnas Indonesia melawat ke kandang Vietnam, Stadion My Dihn, pada 26 Maret 2024.