Bagikan:

JAKARTA - Ragnar Oratmangoen sah menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Senin, 18 Maret 2024.

Dia selesai menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Ragnar mengaku senang naturalisasinya tuntas. Dia tak sabar berseragam Timnas Indonesia dan berambisi tampil di Piala Dunia.

"Saya sangat senang. Saya mengambil sumpah dan itu benar-benar terjadi. Saya ingin mencapai Piala Dunia tentunya (bersama Timnas Indonesia). Bisa membantu tim yang dihuni pemain muda," kata Ragnar Oratmangoen.

Penyerang yang dipinjamkan ke Fortuna Sittard dari FC Groningen itu mengambil sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia bersama Thom Haye. Dia sudah tiba di Tanah Air pada Senin (18/3/2024) sore.

Ragnar Oratmangoen sudah masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia yang akan dibawa Shin Tae-yong melakoni dua laga melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Hanya saja, tampaknya dia belum bisa membela Skuad Garuda pada duel pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 21 Maret 2024.

Ragnar dan Thom Haye mesti menyelesaikan dulu perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) agar bisa tampil bersama Timnas Indonesia.

Kemungkinan besar, perpindahan administrasi itu rampung sebelum bentrok kedua melawan Vietnam. Artinya, mereka bisa bermain saat Timnas Indonesia melawat ke Stadion My Dinh pada 26 Maret 2024.