Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris akan melakukan tur ke negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran minggu depan bersama calon wakil presidennya.

Informasi ini dikutip Reuters dari dua sumber yang mengetahui rencana tersebut pada Selasa, 30 Juli. Ini jadi pertanda proses seleksi untuk pasangannya akan segera berakhir.

Keputusan berisiko tinggi mengenai siapa yang akan mencalonkan diri bersama Kamala Harris telah menjadi pusat perhatian sejak dia menjadi calon dari Partai Demokrat pada pemilu November, setelah Presiden AS Joe Biden memilih mundur dari gelanggang Pilpres.

Harris akan mengumumkan pilihan wakil presidennya sebelum tur minggu depan ke negara-negara bagian yang mungkin memilih Partai Republik atau Demokrat pada November, kata salah satu sumber.

Daftar kandidat yang sedang dipertimbangkan termasuk Gubernur Kentucky Andy Beshear, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, Senator AS Mark Kelly dari Arizona, Gubernur Minnesota Tim Walz dan Menteri Transportasi Pete Buttigieg.

Pada Senin, 29 Juli, Gubernur Carolina Utara Roy Cooper dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer mengindikasikan keluar dari ‘undian’ Wakil Presiden.

Sejumlah negara bagian AS, yang sering disebut sebagai medan pertempuran, telah memutuskan pemilihan presiden dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin.