Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menolak memberikan kesaksian sebagai saksi dalam penyelidikan yudisial atas dugaan korupsi.

Proses persidangan ini merupakan bagian dari penyelidikan awal mengenai apakah Begona Gomez menggunakan posisinya sebagai istri perdana menteri untuk mendapatkan sponsor bagi program gelar master di universitas yang ia jalankan.

Dilansir Reuters, Selasa, 30 Juli, Sanchez telah berulang kali membantah tuduhan terhadap dirinya, dengan mengatakan tuduhan tersebut tidak berdasar dan diatur oleh musuh politik sayap kanan.

Kantor kejaksaan negara bagian mengajukan gugatan atas namanya terhadap hakim investigasi atas dugaan penyimpangan.

“Gugatan ini dimaksudkan untuk menghormati independensi peradilan, namun juga untuk mempertahankannya dari praktik pihak-pihak yang bermotif politik dan di luar hukum,” kata juru bicara pemerintah Pilar Alegria.

Gomez sendiri belum mengomentari kasus tersebut secara terbuka.

Pengacaranya yang juga Menteri Dalam Negeri Antonio Camacho, mengatakan kehadiran Sanchez hanya dua menit di pengadilan.

Hakim Juan Carlos Peinado menanyakan dua pertanyaan kepadanya – apakah dia ada hubungannya dengan orang-orang yang sedang diselidiki dan apakah dia ingin bersaksi.

Sanchez menjawab Gomez adalah istrinya dan dia tidak mau bersaksi.

Berdasarkan hukum Spanyol, kerabat dekat termasuk pasangan dapat menolak menjawab pertanyaan ketika dipanggil oleh hakim.