Bagikan:

JAKARTA - Begona Gomez, istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, hadir di hadapan hakim tetapi menolak menjawab pertanyaan tentang korupsi dalam kasus yang membuat suaminya mempertimbangkan untuk mengundurkan diri.

Sidang hari Jumat, 19 Juli, di Madrid adalah bagian dari penyelidikan awal mengenai apakah Gomez menggunakan posisinya sebagai istri perdana menteri untuk mendapatkan sponsor bagi program gelar master di universitas yang ia jalankan.

"Posisi kami adalah bahwa proses ini sama sekali tidak berdasar," kata pengacaranya yang juga mantan Menteri Dalam Negeri Antonio Camacho kepada wartawan setelah Gomez meninggalkan pengadilan dilansir Reuters.

"Klien saya tidak memberikan kesaksian bukan karena dia menyembunyikan sesuatu, tapi karena pengacaranya merekomendasikan dia untuk melakukannya."

Gomez diizinkan masuk dan keluar gedung pengadilan melalui parkir basement, menghindari puluhan reporter di luar.

Dia belum berkomentar secara terbuka mengenai kasus ini. Namun Sanchez dengan keras membantah tuduhan terhadapnya, dengan mengatakan tuduhan tersebut tidak berdasar dan diatur oleh musuh politik sayap kanan.

Pada akhir April, Sanchez mengambil istirahat lima hari dari tugasnya untuk mempertimbangkan apakah akan mengundurkan diri setelah pengadilan membuka penyelidikan, namun akhirnya memutuskan untuk tetap menjabat.

Kasus ini dibawa melalui instrumen hukum Spanyol yang unik, "tuduhan rakyat", yang memungkinkan individu untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap pihak ketiga. Hakim dapat memilih untuk bertindak atau tidak, dan tidak semua tuduhan mengarah pada penyelidikan yudisial.

Pengaduan terhadap Gomez diajukan oleh Manos Limpias (Tangan Bersih), sebuah kelompok aktivis antikorupsi yang dipimpin oleh Miguel Bernad, seorang pengacara dan politisi yang mencalonkan diri sebagai kandidat dari partai sayap kanan dalam pemilu Eropa.

Partai sayap kanan lainnya, Vox, juga bergabung dengan penggugat dan pengacaranya, anggota parlemen Eropa Jorge Buxade, mengatakan kepada wartawan, dia akan meminta hakim investigasi memanggil Sanchez untuk memberikan kesaksian.