Bagikan:

JAKARTA - Begona Gomez, istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, hadir dalam persidangan terkait dugaan korupsi di pengadilan Madrid.

Sidang pada Jumat, 5 Juli, merupakan bagian dari penyelidikan awal mengenai apakah Gomez menggunakan posisinya sebagai istri perdana menteri untuk mempengaruhi urusan bisnisnya.

Dilansir Reuters, baik Gomez maupun pengacaranya tidak berbicara kepada wartawan yang berkumpul di luar pengadilan menjelang sidang tertutup di hadapan hakim, yang memerintahkan penundaan sidang beberapa menit setelah dimulai. Sidang akan digelar kembali pada 19 Juli.

Gomez belum berkomentar secara terbuka mengenai kasus ini, namun Sanchez telah berulang kali dan dengan keras membantah tuduhan terhadap istrinya. Dia mengatakan tuduhan tersebut tidak berdasar dan diatur oleh lawan politik sayap kanan.

Pengaduan terhadap Gomez diajukan oleh Manos Limpias, kelompok aktivis antikorupsi yang dipimpin oleh Miguel Bernad, seorang pengacara dan politikus yang mencalonkan diri sebagai kandidat dari partai sayap kanan dalam pemilu Eropa.

Manos Limpias menuduh Gomez menggunakan pengaruhnya untuk mendapatkan sponsor bagi program gelar master di universitas yang ia jalankan.

Investigasi yang sedang berlangsung berupaya untuk mengevaluasi perilaku Gomez sejak Sanchez menjadi perdana menteri pada tahun 2018, kata pengadilan.

Kontrak terkait dana Uni Eropa akan diperiksa secara terpisah oleh Jaksa Eropa.