Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan Polandia mengambil keputusan yang akan mempercepat pengiriman jet F-16 yang sangat dibutuhkan ke Ukraina, tetapi tidak mengatakan apa keputusannya.

Polandia, yang berbatasan dengan Ukraina dan merupakan sekutu dekat pada masa perang, bukanlah salah satu negara yang berjanji untuk memasok jet tempur tersebut ke Ukraina. Belum ada pernyataan langsung dari kantor Perdana Menteri Polandia Donald Tusk mengenai pernyataan Zelenskiy.

“Hari ini, kami mendapat keputusan positif dari pemerintah Polandia mengenai masalah tertentu, yang akan memungkinkan Ukraina menerima jet F-16 lebih cepat,” kata Zelenskiy di X tanpa menjelaskan lebih lanjut dilansir Reuters, Jumat, 19 Juli.

Kyiv sangat menantikan pengiriman F-16 pertamanya, yang diharapkan akan meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya dan membantu mengusir serangan udara jarak jauh rutin Rusia.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa jet pertama dari Denmark dan Belanda sudah dalam perjalanan ke Ukraina.