Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan akan menghadapi "konsekuensi yang buruk” karena menyebarkan selebaran anti-Pyongyang di Korea Utara, kata media pemerintah KCNA mengutip Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Dilansir Reuters, Selasa, 16 Juli, setidaknya 29 balon besar yang membawa selebaran anti-Pyongyang dari Korea Selatan ditemukan di sekitar Korea Utara, sehingga memicu blokade di wilayah tersebut dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga, kata Kim.

Ketegangan berkobar bulan lalu setelah Korea Utara mengirim ribuan balon berisi sampah ke Korea Selatan sebagai protes terhadap kampanye pembelot Korea Utara.

Aktivis di Korea Selatan yang selama bertahun-tahun menerbangkan paket bantuan dan selebaran yang mengkritik rezim Kim melintasi perbatasan yang dijaga ketat.

Kim mengatakan Pyongyang mungkin akan merespons secara berbeda jika perilaku “kecil dan kotor” yang disebutnya “sampah manusia” terus berlanjut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

“Situasinya tampaknya tidak dapat diterima. Sekali lagi saya memberikan peringatan keras kepada Anda,” katanya dalam pernyataan yang disiarkan oleh KCNA.

"Anda harus menghadapi konsekuensi yang menghancurkan dan mengerikan,” imbuhnya,