Bagikan:

JAKARTA - Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango mengaku tak tertarik maju kembali sebagai calon pimpinan (capim) periode 2024-2029. Katanya banyak permasalahan dalam lembaga ini.

“Saya tidak ikutan lagi mendaftarkan diri,” kata Nawawi kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Senin, 15 Juli.

Nawawi bilang banyak masalah yang harus diurusi dalam lembaga ini. Hanya saja, dia tak memerinci apa saja.

“Terlalu banyak 'persoalan' di lembaga ini dan itu bukan hanya soal pimpinan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak berencana kembali maju sebagai pimpinan periode 2024-2029. Katanya, ia bakal mendaftar pada hari ini, Senin, 15 Juli.

“Teman-teman Pimpinan KPK menghendaki saya ikut seleksi capim KPK,” kata Johanis saat dihubungi VOI, Senin, 15 Juli.

Johanis menyebut dukungan diberikan koleganya karena dia baru sekali menjabat. Karenanya dia berharap bisa kembali maju di periode mendatang.

“Karena saya baru sekali itu (ikut, red) seleksi,” ujarnya.

Selain Johanis, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron juga telah mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan periode mendatang. “Dengan mengucap bismillah, saya mendaftarkan diri untuk menjadi capim KPK untuk periode 2024-2029,” kata Ghufron dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin, 15 Juli.

 

Ghufron berharap nantinya Panitia Seleksi (Pansel) Capim dan Dewan Pengawas KPK bisa memilih pimpinan komisi antirasuah yang lebih baik. “Karena itu saya berharap dan mengundang segenap warga terbaik bangsa Indonesia untuk turut menjadi peserta seleksi pimpinan KPK periode 2024-2029, tunjukkan komitmen dan dedikasi dalam pemberantasan korupsi dengan menjadi calon pimpinan KPK,” ungkapnya.

“Korupsi tak akan habis tanpa turun gelanggang melakukan pemberantasan salah satunya dengan menjadi Pimpinan KPK. Semakin banyak peserta akan semakin besar kemungkinan terpilih yang terbaik,” sambung Ghufron.

Diberitakan sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas KPK mengungkap jumlah pendaftar terus bertambah pada hari terakhir atau Senin, 15 Juli ini. Total ada 210 orang yang mendaftar sebagai calon pimpinan hingga pukul 06.50 WIB.

“(Jumlah yang melakukan, red) registrasi 796. (Mendaftar, red) calon pimpinan 210 (orang, red),” kata Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat, Senin, 15 Juli.

Sementara untuk calon yang mendaftar sebagai Dewan Pengawas KPK berjumlah 142 orang, sambung Ateh. “(Jumlah, red) pendaftar pagi ini, 15 Juli pukul 06.50 WIB,” ujarnya.